HSBC bekerja sama dengan Allianz dan DOKU untuk permudah bayar asuransi. / Dok. PT Bank HSBC Indonesia
Fintech

Bank HSBC Bekerja Sama dengan Allianz dan DOKU, Bayar Premi Asuransi Kini Bisa di Mini Market

  • PT Bank HSBC Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Allianz Life Indonesia dan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) untuk mempermudah pembayaran premi asuransi.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life dan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi pembayaran premi asuransi melalui transaksi yang bisa dilakukan di mini market

Melalui API (Application Programming Interface), HSBC telah mengintegrasikan HSBC Omni Collect dengan sistem pembayaran premi asuransi Allianz Life. Dengan integrasi tersebut, nasabah Allianz Life dapat membayar premi asuransi di jaringan mini market yang ada di Indonesia. 

Solusi pembayaran HSBC Omni Collect yang didukung oleh teknologi payment DOKU dapat mengotomasi proses koleksi premi Allianz Life dan memungkinkan nasabah perusahaan asuransi tersebut untuk melakukan pembayaran premi asuransi entah itu premi pertama, reguler, pengaktifan kembali, serta top-up di lebih dari 17 ribu outlet Alfamart, Alfamidi, Lawson, serta Dan+Dan di seluruh Indonesia. 

Managing Director Global Banking PT Bank HSBC Indonesia Riko Tamasya mengatakan perusahaannya berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu memberikan pengalaman mudah bagi pelanggan. 

“Sebagai bank internasional pertama yang memberikan solusi koleksi pembayaran ini di Asia, kami tetap berfokus untuk mendukung nasabah kami untuk mengadopsi solusi pembayaran digital,” ujar Riko dalam keterangan pers yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 3 Februari 2022. 

Untuk saat ini, HSBC Omni Collect tersedia di sepuluh negara Asia Pasifik, di antaranya Australia, Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo pun mengatakan hal senada terkait dengan pengalaman nasabah. Pihak perusahaan berharap nasabah dapat memiliki pengalaman terbaik dalam layanan pembayaran yang sangat penting guna memastikan status polis asuransi. 

“Melalui kolaborasi ini, Allianz dapat memberikan opsi yang lebih mudah dan nyaman untuk layanan pembayaran premi bagi nasabah kami di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari streamlining dan digitalisasi proses yang terus-menerus Allianz lakukan sehingga nasabah akan memiliki pengalaman yang sangat positif bersama Allianz,” papar Bianto. 

HSBC Omni Collect memudahkan Allianz untuk melihat secara menyeluruh koleksi pembayaran dari berbagai metode seperti transfer bank, kartu kredit, dan transaksi e-wallet. Solusi yang dihadirkan HSBC Omni Collect pun dapat mengurangi administrasi manual, meningkatkan working capital bagi pelanggan korporasi, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan. 

Head of Global Liquidity Cash Management PT Bank HSBC Indonesia pun mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kemitraan dengan DOKU untuk memperkuat proses koleksi pembayaran digital di Allianz. 

“Jaringan Alfa Group yang melayani lebih dari tiga juta konsumen perhari, memungkinkan Allianz untuk menyesuaikan layanan pembayaran premi dengan pola belanja pelanggan mereka dan memberikan fleksibilitas serta kemudahan dalam pembayaran premi asuransi,” ujarnya.