<p>Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara virtual, Kamis, 18 Februari 2021/ Tangkapan layar TrenAsia.com</p>
Industri

Bank Indonesia Siapkan 5 Jurus Optimalkan Ekonomi

  • Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan pihaknya optimistis jika pertumbuhan ekonomi di 2022 akan membaik.
Industri
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan pihaknya optimistis jika pertumbuhan ekonomi di 2022 akan membaik. Untuk mengoptimalkan perbaikan ekonomi di Indonesia,  BI juga telah menyiapkan lima upaya.

Jika dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI), mobilitas masyarakat setelah pembatasan sosial akibat COVID-19 di November 2021 dan keberhasilan vaksinasi  pertumbuhan ekonomi akan terus naik.

"Perbaikan ekonomi domestik diperkirakan terus berlangsung secara bertahap," ucap Perry Warjiyo, saat press conference Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis, 18 November 2021.

Selanjutnya, Perry juga membeberkan lima upaya yang akan dilakukan BI dalam mendukung perbaikan ekonomi Indonesia seperti :

1. Melanjutkan kebijakan nilai tukar Rupiah, untuk menjaga stabilitas nilai tukar yang sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar.

2. Penguatan strategi operasi moneter, untuk memperkuat efektivitas stance kebijakan moneter akomodatif.

3. Memperkuat kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit, dengan pendalaman analisis pada kelompok bank terbesar yang memiliki pangsa kredit sekitar 70 persen dari industri.

4. Mempertahankan kebijakan merchant discount rate QRIS, untuk merchant kategori usaha mikro sebesar 0 persen, sampai dengan 30 Juni 2022.

5. Memfasilitasi penyelenggaraan promosi perdagangan dan investasi serta melanjutkan sosialisasi penggunaan local currency settlement dan bekerja sama dengan instansi terkait.