PT Menara Nusantara raih suntikan dana afiliasi Senilai Rp1 triliun dari BCA lewat Perjanjian Perubahan Kesepuluh / Mitratel.co.id
Korporasi

Bank Mandiri (BMRI) Gelontorkan Dana Rp3 Triliun ke Emiten Menara Milik Grup Djarum

  • Emiten menara milik Grup Djarum PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya yakni PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit pada  25 Mei 2022.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA- Emiten menara  milik Grup Djarum PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya yakni PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit pada  25 Mei 2022.

Manajemen perseroan mengungkapkan, perjanjian kredit tersebut diperoleh anak usaha TOWR dari PT Solusi Tunas Pratama Tbk (STP) sebagai penanggung dan PT Bank Mandiri Indonesia (Persero) Tbk (BMRI) selaku kreditur.

Adapun perjanjian kredit dan penanggungan tersebut bernilai Rp3 triliun, yang terdiri fasilitas A senilai Rp2,5 triliun yang digunakan oleh Protelindo dan fasilitas B Rp500 juta yang dapat digunakan oleh Iforte, dengan jangka waktu 36 bulan.

Pinjaman ini bertujuan untuk mendukung segala kebutuhan perusahaan baik dari protelindon maupun Iforte, dan akan ditanggung oleh STP guna menjamin kewajiban dari Protelindo dan Iforte terkait perjanjian fasilitas yang telah disepakati.

Transaksi perjanjian kredit tersebut, termasuk dalam transaksi afiliasi karena Protelindo merupakan anak usaha perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%, sedangkan Iforte dan STP merupakan anak usaha Protelindo dengan masing-masing kepemilikan saham 99,99%.

Sebelumnya, Iforte telah melakukan perjanjian kredit sebesar Rp1 triliun dari PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) pada 13 Mei 2022, yang bertujuan untuk mendukung kebutuhan umum perusahaan Inforte, yang mana Protelindo berperan sebagai penjamin kewajiban perjanjian kredit Iforte.

Sebagai informasi, pada akhir perdagangan Senin, 30 Mei 2022, saham TOWR ditutup pada harga Rp965 per lembar, dengan kapitalisasi pasar sebanyak Rp49,23 triliun.