<p>Gedung Bank Mandiri / Facebook @bankmandiri</p>
Korporasi

Bank Mandiri (BMRI) Rilis Global Bonds Rp4,5 Triliun

  • Emiten perbankan pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) telah menyelesaikan penerbitan surat utang dalam mata uang asing dengan nilai US$300 juta atau sekitar Rp4,5 triliun dengan asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten perbankan pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) telah menyelesaikan penerbitan surat utang dalam mata uang asing dengan nilai US$300 juta atau sekitar Rp4,5 triliun dengan asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha menyatakan bahwa bunga surat utang luar negeri itu sebesar 5,5% per tahun dengan tenor selama 3 tahun yang akan jatuh tempo pada tanggal 4 April 2026. 

“Penerbitan obligasi global ini telah diselesaikan pada 4 April 2023,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 6 April 2023.

Rudi mengatakan surat Utang telah ditawarkan dan dijual kepada investor di luar wilayah Amerika Serikat dengan tunduk pada Regulation S berdasarkan US Securities Act of 1993, sebagaimana diubah dan surat utang tersebut dicatatkan di Singapore Stock Exchange (SGX-ST). 

Adapun penerbitan global bonds ini merupakan bagian dari program Euro Medium Term Note (Surat Utang Senior dengan Bunga Tetap yang Tidak Dijamin) Bank Mandiri dengan jumlah pokok hingga US$4 miliar atau setara Rp60 triliun.

“Joint lead managers dalam penerbitan surat utang adalah Mandiri Securities Pte. Ltd., The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, J.P. Morgan Securities plc, Cirigroup Global Markets Limited, MUFG Securities Asia Limited Singapore Branch dan Standard Chartered Bank.”

Melalui penerbitan obligasi ini, papar Rudi, perseroan telah memperoleh dana yang akan digunakan untuk keperluan umum. “Penerbitan surat utang akan memberikan dampak positif pada kondisi keuangan perseroan,” pungkasnya.