Gedung Menara Bank Mandiri di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

Bank Mandiri (BMRI) Targetkan Distribusi ORI025 Tembus Rp3 Triliun

  • Bank Mandiri (BMRI) berkomitmen sebagai agen penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel, terutama ORI025, yang dapat diakses melalui layanan digital Livin' by Mandiri mulai 29 Januari hingga 22 Februari 2024, pukul 10.00 WIB.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berkomitmen sebagai agen penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel, khususnya ORI025, yang dapat diakses melalui layanan digital Livin' by Mandiri mulai 29 Januari 2024 hingga 22 Februari 2024, pukul 10.00 WIB.

SVP Wealth Management Bank Mandiri Sista Pravesthi menyebut perseroan menargetkan penjualan ORI025 mencapai Rp3 triliun dengan menyasar seluruh masyarakat dan nasabahnya, termasuk yang sudah memiliki pengalaman membeli SBN ritel dan yang belum memiliki produk investasi berbasis surat utang pemerintah.

Di samping itu, lanjut Sista, Bank Mandiri juga akan terus memberikan edukasi kepada nasabah mengenai pentingnya investasi dan manfaat dari ORI025 untuk mencapai target penjualan tersebut. Asal tahu saja, SBN ritel ini juga turut membantu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pendistribusian ORI025 ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri dalam mendukung penguatan APBN dalam mendorong keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Sejalan dengan itu, kami akan terus menghadirkan solusi finansial dan investasi terlengkapi bagi nasabah yang sesuai kebutuhan serta perkembangan teknologi di era digital,” ujar Sista dalam keterangan resmi, pada Rabu, 31 Januari 2024. 

Dengan mengadakan program edukasi investasi secara konsisten, Bank Mandiri optimistis bahwa penjualan SBN ritel akan terus meningkat di masa yang akan datang. Edukasi ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat di dalam negeri, tetapi juga kepada diaspora dan tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri melalui program Livin’ Around the World yang secara rutin diadakan oleh bank tersebut.

Sebagai Mitra Distribusi SBN ritel dari Kementerian Keuangan, Bank Mandiri telah menyatakan kesiapannya untuk berhasil memasarkan seri SBN ritel baru pada tahun 2024. Pada tahun 2023, Bank Mandiri berhasil mencatat penjualan SBN ritel sebesar Rp22,8 triliun. 

Angka ini mencatat pertumbuhan sebesar 60% secara tahunan (year on year/yoy) dari penjualan SBN ritel pada tahun 2022. Selain itu, penjualan tersebut telah memberikan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap total pendistribusian SBN ritel di Bank Mandiri.

“Sedangkan penjualan melalui SuperApp Livin’ by Mandiri terus meningkat. Terbukti, penjualan melalui Livin’ by Mandiri baru dimulai pada Maret 2023 namun sudah berhasil berkontribusi sebanyak 64 persen atau Rp14,5 triliun dari penjualan total di Bank Mandiri,” jelas Sista.

Kupon dan Rincian

Sebagai informasi produk investasi ORI025 dapat dipesan dengan nominal mulai dari Rp1 juta dan kelipatannya melalui platform Livin’ by Mandiri. Tersedia dua pilihan jangka waktu, yaitu 3 tahun (ORI025-T3) dan 6 tahun (ORI025-T6). Kupon untuk seri ORI025-T3 dan ORI025-T6 masing-masing sebesar 6,25 persen dan 6,40 persen dengan sifat kupon tetap (fixed rate).

Pembayaran kupon akan dilakukan setiap tanggal 15 setiap bulan, dimulai pertama kali pada 15 April 2024. Sementara itu, kedua tenor memiliki tanggal jatuh tempo masing-masing pada 15 Februari 2027 dan 15 Februari 2030.

Tanggal penetapan hasil penjualan ORI025 adalah pada 26 Februari 2024, dan tanggal setelmen pada 28 Februari 2024. ORI025 merupakan obligasi negara tanpa warkat, dapat diperdagangkan di pasar sekunder, dan hanya dapat ditransaksikan antar investor domestik/lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal atau Single Investor Identification (SID).