<p>PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri bekerja sama dengan perusahaan data cloud, Cloudera Inc., memperkuat data analytics melalui platform Cloudera./ Bank Mandiri</p>
Industri

Bank Mandiri Gandeng Artajasa Integrasikan BPR ke Gerbang Pembayaran Nasional

  • JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menggandeng PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) untuk memfasilitasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) agar dapat memproses transaksi Gerbang Pembayaran nasional (GPN). Dalam kerja sama ini, Bank Mandiri menjadi bank induk dari BPR Karyajatnika Sadaya (BPR KS) agar dapat terhubung ke jaringan GPN […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menggandeng PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) untuk memfasilitasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) agar dapat memproses transaksi Gerbang Pembayaran nasional (GPN).

Dalam kerja sama ini, Bank Mandiri menjadi bank induk dari BPR Karyajatnika Sadaya (BPR KS) agar dapat terhubung ke jaringan GPN melalui Artajasa.

“Kami berharap kerja sama ini memperkuat standar pelayanan BPR/BPRS agar setara dengan industri perbankan nasional,” kata Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto dalam keterangan resmi, Kamis, 11 Februari 2021.

Saat ini, kata Aquarius, pihaknya sangat terbuka untuk kolaborasi dengan BPR atau BPRS lain yang telah mengusung rencana digitalisasi produk dan layanan melalui Bank Mandiri sebagai bank induknya.

“Tak hanya kepada BPR KS, Bank Mandiri pun siap untuk menjajaki berbagai inisiatif kerja sama digital banking yang bisa dikembangkan guna memenuhi kebutuhan BPR/BPRS lain di Indonesia.” ungkap Aquarius.

Menurutnya, peran dan kontribusi Mandiri dalam mendukung digitalisasi perbankan salah satunya adalah penerapan digital banking secara nasional.

Terbukti dengan ketersediaan layanan digital sebanyak 13.000 ATM, 176.000 EDC, 573.000 merchant QRIS, dan beberapa program pendukung.

Pada 2020, Bank Mandiri tercatat sudah memproses hingga 2,9 miliar transaksi elektronik dengan nilai nominal mencapai Rp3.200 triliun.

Dari nilai tersebut, transaksi jaringan melalui switching mencatatkan kenaikan sekitar 12 % dibandingkan nominal transaksi jaringan pada posisi yang sama pada 2019.

Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena mengatakan sinergi Artajasa dengan Bank Mandiri yaitu untuk memberikan solusi agar BPR/BPRS dapat menikmati layanan yang optimal dan terhubung dengan GPN.

“Agar kedepannya solusi digitalisasi bank juga dapat dirasakan para nasabah BPR dan BPRS yang ada di Indonesia,” kata dia.