<p>Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 sekaligus pendiri PT Bukaka Teknik Utama Tbk Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, pembangunan jembatan gantung yang dilakukan PT Bukaka merupakan bentuk tanggung jawab sosial dalam membantu pemerintah untuk mendorong masyarakat agar bisa maju dan berkembang. (Foto: Kementerian PUPR)</p>
Korporasi

Bank Mandiri Kucurkan Kredit Rp3,5 Triliun dan US$5 Juta Kepada Bukaka

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mengucurkan kredit total Rp3,5 triliun dan US$5 juta kepada emiten konstruksi dan manufaktur PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK).
Korporasi
Vega Aulia

Vega Aulia

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mengucurkan kredit total Rp3,5 triliun dan US$5 juta kepada emiten konstruksi dan manufaktur PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK).

Seperti dirilis di keterbukaan informasi yang dikutip Selasa, 23 November 2021, Bukaka merinci perjanjian kredit dengan Bank Mandiri itu ditandatangani pada 18 November 2021. 

Rinciannya adalah pertama, fasilitas KMK (Kredit Modal Kerja) transaksional sub limit LC/SKBDN (Letter of Credit atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri) dengan limit kredit Rp1,5 triliun.

Kedua, fasilitas LC/SKBDN dengan limit Rp1 triliun. Ketiga, fasilitas kredit modal kerja revolving dengan limit kredit Rp20 miliar.

Keempat, fasilitas bank garansi dengan limit sebesar Rp1 triliun. Serta, fasilitas treasury line dengan limit notional sebesar US$5 juta atau sekitar Rp71,3 miliar (asumsi kurs Rp14.255 per dolar Amerika Serikat).

Direktur Utama Bukaka Irsal Kamarudin mengatakan perolehan pinjaman dari bank ini akan menunjang kegiatan operasional Perseroan berkaitan dengan proyek-proyek pekerjaan baru yang didapatkan oleh Perseroan, sehingga diharapkan akan mendukung peningkatan pendapatan usaha dan laba Perseroan. 

Menurutnya, transaksi ini adalah transaksi material yang dikecualikan dari kewajiban penggunaan Penilai dan persetujuan RUPS berdasarkan ketentuan Pasal 11 huruf b POJK Nomor 17 Tahun 2020 tentang Transaksi Material dan Benturan Kepentingan.