<p>Proyek infrastruktur LRT yang digarap BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk / Facebook @adhikaryaID</p>
Industri

Bank Mandiri Kucurkan Pembiayaan Proyek Jalan Tol dan LRT

  • JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan produktif kepada supplier alias subkontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, kerja sama tersebut dilakukan untuk mendorong percepatan proyek infrastruktur strategis dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Sinergi ini untuk meningkatkan kelancaran roda bisnis, khususnya di […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan produktif kepada supplier alias subkontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, kerja sama tersebut dilakukan untuk mendorong percepatan proyek infrastruktur strategis dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sinergi ini untuk meningkatkan kelancaran roda bisnis, khususnya di bidang konstruksi,” kata Hery dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Jumat, 25 September 2020.

Fasilitas kredit tersebut akan digunakan untuk mengerjakan proyek pembangunan jalan tol Banda Aceh – Sigli dengan target Rp250 miliar, serta proyek depo dan stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek senilai Rp1 triliun.

Hery berharap, pembiayaan tersebut dapat membantu Adhi Karya dalam meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pengadaan barang/jasa dalam kedua proyek besar yang tengah berjalan.

 “Melihat kondisi perekonomian Indonesia di tengah pandemi ini, kerjasama yang terjalin akan menjadi keuntungan bagi supplier atau sub kontraktor untuk menjaga likuiditas demi kelancaran pengerjaan kedua proyek,” tutur Hery.

Pembiayaan tersebut, lanjutnya, akan dikelola oleh segmen SME Banking. Hingga 21 September 2020, penyaluran kredit program PEN perseroan mencapai Rp9,61 triliun. Kredit tersebut diberikan kepada lebih dari 2.600 debitur. Realisasi penyaluran tersebut setara dengan 25% dari total penyaluran PEN Bank Mandiri di seluruh segmen yang mencapai Rp37,46 triliun kepada lebih dari 110 ribu debitur.

Hery pun menegaskan, pihaknya akan senantiasa mendukung program PEN dengan memberikan permodalan bagi pelaku usaha terdampak COVID-19. Menurutnya, hal ini penting agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

Adapun kerja sama pembiayaan tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, disaksikan oleh Jajaran management Adhi Karya dan Bank Mandiri serta dilaksanakan secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di Jakarta.