<p>Karyawati menghitung uang di gerai salah satu cabang Bank Mandiri, di Jakarta, Selasa, 6 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Bank Mandiri Raup Rp4,39 Triliun dari Penerbitan Sustainability Bond

  • JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) meraih dana segar senilai US$300 juta atau setara dengan Rp4,9 triliun (Kurs US$1: Rp14.631) melalui penerbitan perdana Sustainability Bond. Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan menampaikan, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai atau membiayai kembali proyek-proyek berwawasan lingkungan (green) dan sosial. “Ini merupakan penerbitan […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) meraih dana segar senilai US$300 juta atau setara dengan Rp4,9 triliun (Kurs US$1: Rp14.631) melalui penerbitan perdana Sustainability Bond.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan menampaikan, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai atau membiayai kembali proyek-proyek berwawasan lingkungan (green) dan sosial.

“Ini merupakan penerbitan Sustainability Bond pertama Bank Mandiri dan merupakan bagian dari implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB),” katanya dalam keterangan resmi, Selasa 13 April 2021.

Sustainability Bond tersebut memiliki tenor lima tahun dengan kupon sebesar 2,00%. Dalam penerbitan Sustainability Bond ini, Bank Mandiri menunjuk Deutsche Bank, HSBC, dan Mandiri Securities sebagai Joint Lead Managers.

Selain telah memenuhi standar Sustainability Bond Guidelines dari International Capital Market Association (ICMA), aksi ini juga selaras dengan Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) Sustainability Bond Standards, Green Bond Standards, dan Social Bond Standards.

“Bank Mandiri telah berkomitmen untuk menjalankan praktek Keuangan Berkelanjutan dengan menyusun RAKB yang diimplementasikan melalui 3 pilar strategis,” lanjutnya.

Ketiga pilar itu adalah Sustainable Banking, Sustainable Operations dan Sustainable Corporate Social Responsibility & Financial Inclusion. Di mana salah satu inisiatif dalam pilar Sustainable Banking adalah pembiayaan kepada sektor-sektor berkelanjutan.

“Seperti energi baru dan terbarukan serta pembiayaan kepada proyek sosial terutama untuk segmen UMKM dan mikro,” kata Panji.