TNI AL latihan bersama dengan Angkatan Laut Prancis beberapa waktu lalu.
Nasional

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp66 Miliar untuk Bangun Dua Kapal TNI AL

  • Pembiayaan tersebut telah disalurkan kepada PT Citra Shipyard untuk membangun Kapal Angkatan Laut Sembulungan dan Kapal Angkatan Laut Hinako milik TNI Angkatan Laut
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyalurkan kredit modal kerja dengan limit pembiayaan  Rp 66 miliar untuk membangun dua Kapal TNI AL Sembulungan dan Hinako.

SEVP Commercial Banking Bank Mandiri Totok Priyambodo menyebutkan pembiayaan tersebut telah disalurkan kepada PT Citra Shipyard untuk membangun Kapal Angkatan Laut Sembulungan dan Kapal Angkatan Laut Hinako milik TNI Angkatan Laut (AL).

Kapal TNI AL Sembulungan dan Hinako merupakan kapal patroli buatan dalam negeri untuk memperkuat Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi dan Pulau Nias.

Bank Mandiri terus berupaya untuk memberikan dukungan pembiayaan dan melayani berbagai transaksi keuangan termasuk ke industri maritim, baik untuk industri perkapalan maupun galangan, guna mendukung perekonomian nasional,” ujar Totok dalam acara peluncuran dua unit kapal milik TNI Angkatan Laut di Batam, Kepulauan Riau, seperti dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 6 Desember 2023.

Totok menyebutkan kucuran kredit modal kerja yang diberikan oleh Bank Mandiri mampu membantu dalam pembangunan kapal tersebut hingga selesai.

Bank Mandiri berharap keberadaan kedua kapal berukuran 28 meter tersebut akan meningkatkan kekuatan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia, memperkuat penjagaan kedaulatan di perairan dalam skenario yang lebih optimal.

Totok menyampaikan Bank Mandiri sebagai agen pembangunan akan terus berkomitmen  dalam perannya sebagai agen pembangunan, mendukung penguatan alutsista Indonesia di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui layanan perbankan yang komprehensif.

Bank Mandiri bersama Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL) dan PT Citra Shipyard, meluncurkan Kapal Angkatan Laut Sembulungan dan Kapal Angkatan Laut Hinako milik TNI Angkatan Laut di Batam, Kepulauan Riau, pada Senin, 4 Desember 2023. 

Acara ini dihadiri oleh Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai KASAL TNI AL, Jovan sebagai Direktur utama PT Citra Shipyard, dan Totok Priyambodo selaku SEVP Commercial Banking Bank Mandiri.