Gedung Menara Bank Mandiri di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Bank Mandiri Salurkan KUR Senilai Rp14,41 Triliun per April 2022

  • Bank Mandiri menyalurkan KUR dengan fokus pada sektor produktif unggulan tahun ini.
Korporasi
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp14,41 triliun per April 2022 guna mendorong pertumbuhan pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan penyaluran KUR ini untuk memberikan kontribusi pengembangan ekonomi rakyat Indonesia. Tahun ini, Bank Mandiri mendapatkan plafon KUR sebesar Rp40 triliun.

"Sejalan dengan pemerintah dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bank mandiri turut serta dalam pemulihan ekonomi nasional," kata Josephus dikutip dalam keterangan resmi, Rabu, 18 Mei 2022.

Adapun penyaluran KUR oleh Bank Mandiri ini difokuskan pada sektor produktif unggulan dari setiap wilayah untuk dapat menangkap momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tercatat sampai akhir April 2022, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp14,41 triliun kepada lebih dari 133 ribu nasabah diseluruh Indonesia. Sebagai rincian, 58,67% atau Rp8,45 triliun dari penyaluran KUR dialokasikan ke sektor produksi. Sementara untuk sektor non produksi mencapai Rp5,95 triliun.

Dengan penyaluran KUR ini diharapkan dapat menopang realisasi kredit perseroan terhadap pelaku usaha UMKM dan memperkuat sektor produktif unggulan, seperti pertanian, perdagangan, perikanan, industri pengolahan dan jasa produksi yang didukung oleh segmen bisnis.