<p>Suasana pelayanan nasabah di kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Jum&#8217;at 29 Mei 2020. Bank Mandiri saat ini telah menerapkan serangkaian protokol untuk memulai skenario New Normal di masa pandemi COVID-19 sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN  Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang antisipasi skenarioThe New Normal Badan Usaha Milik Negara. Protokol tersebut saat ini telah disosialisasikan melalui kanal media komunikasi Bank Mandiri di seluruh kantor utama maupun cabang yang tersebar di dalam dan luar negeri. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Bank Mandiri Susun Road Map Genjot Layanan Digital

  • JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) menyusun strategi atau road map dalam menggenjot digitalisasi layanan operasional perbankan. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, terdapat tiga jurus utama yang dilakukan, yakni digitize internal process, modernisasi channels, dan meleverage ekosistem digital. Salah satu strategi modernisasi digital channel, kata Rully, hal ini menjadi inisiatif produk berupa […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) menyusun strategi atau road map dalam menggenjot digitalisasi layanan operasional perbankan.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, terdapat tiga jurus utama yang dilakukan, yakni digitize internal process, modernisasi channels, dan meleverage ekosistem digital.

Salah satu strategi modernisasi digital channel, kata Rully, hal ini menjadi inisiatif produk berupa online onboarding di portal join.bankmandiri.co.id.

“Melalui portal tersebut, nasabah bisa membuka rekening di mana dan kapan saja, tanpa harus mengunduh aplikasi. Hanya dengan menggunakan smartphone,” ungkapnya dalam siaran resmi yang dikutip TrenAsia.com, Selasa, 16 Juni 2020.

Selain itu, lanjutnya, modernisasi channels juga termasuk produk Mandiri Online yang merupakan mobile banking Bank Mandiri. Dalam aplikasi ini, tegasnya, keamanan sudah dilengkapi dengan biometric login dengan sidik jari, ataupun face recognition.

Menurutnya, nasabah dapat menggunakan Mandiri Online untuk keperluan apa saja. “Dengan penambahan fitur pembuatan kode billing, nasabah dapat menggunakan untuk membayar pajak, top up, dan update balance e-money di perangkat Android maupun iOS,” kata Rully.

Selanjutnya, ke depan Bank Mandiri juga hadir melalui official resmi WhatsApp dengan chat bot MITA (Mandiri Intelligent Assistant) untuk akses informasi perbankan 24 jam.

Di samping itu, dalam membangun ekosistem digital, ungkapnya, Bank Mandiri bekerja sama dengan platform e-commerce dan tekfin sebagai mitra dalam penyaluran kredit dan pembayaran online.

“Melalui kerja sama ini, Bank Mandiri bisa lebih dekat ke masyarakat, sekaligus mendukung pengembangan bisnis partner,” katanya.

Rencana terbaru, Rully mengatakan bahwa pihaknya akan merilis berbagai layanan finansial andal yang dapat diakses melalui API Portal.

“Masing-masing memiliki fokus pengembangan yang  berbeda, tetapi sama-sama bertujuan untuk menghasilkan produk inovatif perbankan yang andal dan praktis untuk keseharian masyarakat,” ujarnya. (SKO)