<p>CEO Modalku Reynold Wijaya (kiri) dan COO Modalku Iwan Kurniawan (kanan) / Dok. Modalku</p>
Industri

Bank Mayapada Suntik Pendanaan Rp250 Miliar ke Modalku

  • PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) melakukan suntikan pendanaan sebesar Rp250 miliar ke platform fintech Modalku.
Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) melakukan suntikan pendanaan sebesar Rp250 miliar ke perusahaan fintech lending PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).

Dalam kerja sama tersebut, Bank Mayapada bertindak sebagai pendana alias lender institusi.

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi mengungkapkan kerja sama tersebut menjadi salah satu langkah perusahaan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui akses permodalan.

Penyaluran kredit ini juga ditujukan kepada masyarakat dari berbagai lini bisnis, utamanya menyasar para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi tonggak perekonomian Indonesia.

“Kami optimis kerja sama dengan Modalku dapat memberikan kontribusi bagi para pelaku UMKM,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu, 23 Oktober 2021.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini fintech menjadi model bisnis yang memiliki keunggulan fleksibilitas, keamanan, dan efisiensi sehingga saling melengkapi ekosistem keuangan di Indonesia.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pertumbuhan kredit UMKM sendiri kembali berada di zona ekspansi dengan pertumbuhan dari 1,93% year-on-year (yoy) per Juli 2021,  tumbuh menjadi 2,7% (yoy) pada Agustus 2021.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama ini. 

"Sebuah kehormatan bagi Modalku dapat berkolaborasi dengan Bank Mayapada. Kami melihat adanya kesamaan visi untuk memperluas akses permodalan sehingga menjadi kesempatan menjangkau lebih banyak UMKM dalam meningkatkan inklusi keuangan,” ungkapnya.

Diketahui, Modalku telah menyediakan akses pendanaan kepada UMKM mulai dari segmen mikro, termasuk pengusaha online.

Tak hanya mendukung bisnis yang sudah memiliki izin usaha (PT/CV), kata Reynold, Modalku juga menjalin bisnis perseorangan dengan variasi produk yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan UMKM.

Sampai saat ini, Grup Modalku telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp26,4 triliun kepada lebih dari 4,8 juta peminjam di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.