Bank Muamalat
Ekonomi Syariah

Bank Muamalat Wujudkan Inovasi Canggih dalam Layanan dan Operasional

  • Digitalisasi di sebuah bank adalah keniscayaan tidak terkecuali bagi bank syariah.
Ekonomi Syariah
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil meraih penghargaan sebagai yang terbaik dalam kategori Dimensi Manajemen Risiko Bank Syariah Digital pada Digital Banking Awards 2023.

Ajang ini diselenggarakan oleh Investortrust bekerja sama dengan Intellectual Business Community (IBS) di Jakarta beberapa waktu lalu. Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan digitalisasi di sebuah bank adalah keniscayaan tidak terkecuali bagi bank syariah. 

Menurut Wahyu, Bank Muamalat telah mengadopsi inovasi-inovasi untuk digitalisasi layanan dan operasional guna menyesuaikan diri dengan bank-bank lain. Salah satunya adalah penerapan pengenalan wajah berbasis biometrik dan dorongan untuk membuka rekening secara online. Hal ini mampu meningkatkan jumlah pembukaan rekening dari 87 menjadi 311 per hari, lebih dari tiga kali lipatnya. 

“Lebih dari 90% transaksi nasabah sudah beralih ke digital. Oleh karena itu, kami melakukan digitalisasi di hampir seluruh layanan dan operasional dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Seperti menambah jumlah fitur layanan digital di Muamalat DIN dari 81 fitur pada 2022 menjadi 151 fitur pada 2023,” ujarnya dalam keterangan resmi, pada Rabu, 27 Desember 2023. 

Dia menambahkan, penghargaan ini merupakan pengakuan dari pihak independen terkait pengembangan perbankan digital di Bank Muamalat. Oleh karena itu, Wahyu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan yang telah diberikan.

"Kami bersama kalangan perbankan di Tanah Air berkomitmen dalam mengembangkan digitalisasi perbankan. Semoga ikhtiar ini membuat kontribusi kita untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia semakin besar lagi," imbuhnya.

Asal tahu saja, Bank Muamalat menyediakan aplikasi Muamalat DIN yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Selain kemampuan membuka rekening secara online, Muamalat DIN juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh mutasi rekening elektronik atau e-statement, melakukan penarikan tunai di gerai Indomaret, membayar tagihan, dan melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

Aplikasi Muamalat DIN juga menawarkan menu Bank Haji yang dapat diakses oleh nasabah Bank Muamalat maupun non-nasabah. Menu tersebut mencakup fitur pendaftaran haji, pelunasan haji, serta pengecekan nilai manfaat haji terkini. 

Selain itu, terdapat fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat, dan arah kiblat. Dalam hal keamanan, Muamalat DIN dilengkapi dengan fitur keamanan terkini, seperti login biometrik dan otomatis membaca One Time Password (OTP).

Bank Muamalat juga menyediakan layanan internet banking dengan nama Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) khusus untuk nasabah korporasi. MADINA menawarkan fleksibilitas melalui opsi layanan Madina Advanced dan Madina Basic, yang memungkinkan pelanggan menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan administratif dan transaksional mereka. 

Layanan MADINAN ini juga mencakup berbagai fitur transaksi, termasuk pembayaran gaji karyawan (payroll), tagihan BPJS Ketenagakerjaan, pajak, serta Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS).