<p>Suasana pelayanan nasabah disalah satu kantor cabang milik Bank Permata, di Jakarta. Foto; Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Perbankan

Bank Permata Perkuat Kemitraan dengan LPEI Terkait Penjaminan Kredit dan Pembiayaan Bersama

  • Perjanjian ini mencakup Penjaminan Kredit dan Pembiayaan Bersama (Co Financing) yang dirancang untuk mendukung eksportir di Indonesia dan meningkatkan kualitas kredit.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Permata Tbk (BNLI) memperkuat kemitraan strategisnya dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama. 

Perjanjian ini mencakup Penjaminan Kredit dan Pembiayaan Bersama (Co Financing) yang dirancang untuk mendukung eksportir di Indonesia dan meningkatkan kualitas kredit.

Direktur Utama PermataBank, Meliza M. Rusli, menyatakan bahwa kelanjutan kerja sama ini merupakan komitmen untuk memperluas segmen dan memperdalam hubungan dengan nasabah melalui ekosistem mitra PermataBank. 

“Kami juga mengapresiasi kepercayaan LPEI yang telah menjadikan PermataBank mitra jangka panjang untuk bersama ikut serta membangun perekonomian Indonesia terutama dalam ranah ekspor,” kata Meliza melalui keterangan yang diterima TrenAsia, dikutip Jumat, 8 Desember 2023.

Sejak tahun 2019, PermataBank telah menjalin kerja sama dengan LPEI dalam memberikan Penjaminan Kredit atas fasilitas pinjaman Debitur di bank tersebut. 

LPEI, melalui Pembiayaan Ekspor Nasional, bertujuan mempercepat pertumbuhan perdagangan luar negeri Indonesia, meningkatkan daya saing pelaku bisnis, dan mendukung kebijakan Pemerintah terkait program ekspor nasional.

 “Kerja sama ini diharapkan dapat memperluas jangkauan dan kemudahan akses bagi para pelaku ekspor Indonesia dalam memanfaatkan fasilitas ekspor yang disediakan,” kata Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso. 

LPEI, sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan RI, memiliki sovereign status yang memberikan penjaminan bagi bank tanpa memerlukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) sehingga dapat mengurangi biaya dan memberikan harga yang lebih menarik kepada nasabah.

Riyani menyampaikan, dengan melibatkan PermataBank sebagai mitra, LPEI terus aktif dalam mendorong ekspor nasional. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 menunjukkan bahwa ekspor Indonesia ke negara ASEAN mencapai US$61,3 miliar (Rp952,35 triliun dalam asumsi kurs Rp15.536 per-dolar Amerika Serikat/AS), dengan Thailand sebagai tujuan ekspor terbesar sekitar 13,37% dari total ekspor ke negara-negara ASEAN. 

Kerja sama ini lantas diharapkan dapat memperluas basis nasabah PermataBank, terutama dengan eksportir ke Thailand dan negara-negara ASEAN lainnya, yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan ekspor Indonesia di kawasan ASEAN.