Suporter Persebaya Bonek
Olahraga

Bantu Bayar Denda Persebaya, Bonek Kumpulkan Uang Donasi Rp25 Juta

  • Suporter Persebaya Surabaya, Bonek berhasil mengumpulkan uang donasi sebesar Rp25.192.700. Donasi ini bertujuan untuk membantu manajemen klub yang didenda oleh Komdis PSSI.

Olahraga

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Suporter Persebaya Surabaya, Bonek berhasil mengumpulkan uang donasi sebesar Rp25.192.700. Donasi ini bertujuan untuk membantu manajemen klub yang didenda oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. 

Donasi ini dibuka hari Sabtu 22 Juli 2023, oleh kelompok Bonek dari empat tribune, yakni Green Nord, Tribun Timur, Tribun Kidul, dan Gate 21. Selain itu, insan sepak bola tanah air juga dapat mengirim dana melalui nomor rekening yang telah diunggah di berbagai akun media sosial Bonek. 

Penyerahan donasi tersebut dilakukan Bonek saat jeda babak pertama laga Persebaya kontra RANS Nusantara pada pekan keempat BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 23 Juli 2023.

Diketahui, Persebaya mendapatkan sanksi denda sebesar Rp25 juta berdasarkan keputusa sidang Komdis PSSI pada 20 Juli 2023 lalu. Sanksi tersebut muncul setelah kedapatan suporter Persebaya yang menyusup masuk ke pertandingan tandang.

Kejadian ini terjadi saat Persebaya melawat ke markas PSIS Semarang dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu 16 Juli 2023.

Melansir situs resmi PSSI, Selasa 25 Juli 2023, disebutkan bahwa jenis pelanggaran yang dilakukan Persebaya adalah adanya suporter Persebaya Surabaya sebagai suporter klub tamu yang hadir dalam pertandingan.

Sebelumnya, PSSI telah membuat regulasi bahwa suporter tim tamu dilarang hadir menemani timnya melakoni partai tandang dan tidak mendapat jatah tiket dari tim tuan rumah.

Satire

Lantas, keputusan Komdis PSSI ini ditentang oleh Bonek. Pasalnya, tak ada yang bisa memastikan bahwa suporter tamu memang tidak membeli tiket saat timnya berlaga di kandang lawan. Menurutnya, berbagai cara untuk melakukan penyusupan juga bisa dilakukan.

Menyikapi hal itu. Bonek langsung membuat sebuah gerakan yang diberi tajuk “Donasi untuk PS$I”. Ya, huruf “s” pada PSSI mereka ubah dengan simbol mata uang dollar Amerika Serikat.

Donasi tersebut dibuka pada Sabtu 22 Juli 2023 yang berlangsung sekitar selama 19 jam 27 menit dan ditutup beberapa jam sebelum kick off melawan RANS.

Menariknya lagi, donasi yang diakukan Bonek itu dihiasi dengan angka 1927 yang merupakan tahun kelahiran Persebaya. Ada yang menyumbang sebesar Rp1.927, Rp19.270, atau Rp192.700.