BigBox Telkom.png
Tekno

Bantu BPOM, Inilah BigBox dari Leap-Telkom

  • Sejak mengadopsi teknologi BigBox, BPOM berhasil mengintegrasikan 44 sumber data BPOM dengan efektif ke dalam satu sumber, yang memudahkan sistem manajemen pengelolaan.
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Anak Perusahaan Telkom Indonesia, Leap-Telkom Digital mengenalkan produk baru unggulannya, BigBox. BigBox akan mendukung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meningkatkan efisiensi dalam manajemen data analitik secara end-to-end, serta memperkuat pengawasan terhadap produk obat dan makanan yang beredar di pasaran.

Sebelum adopsi BigBox, BPOM mengalami kendala serius dalam membuat dashboard dari berbagai sumber data yang berbeda. 

Namun, sejak mengadopsi teknologi BigBox, BPOM berhasil mengintegrasikan 44 sumber data BPOM  dengan efektif ke dalam satu sumber, yang memudahkan sistem manajemen pengelolaan.

“Lewat fitur Social Media Analytics dari BigBox, BPOM kini lebih cepat mengetahui ketika ada obat dan makanan terlarang yang beredar di masyarakat. Insight tersebut membuat BPOM semakin mudah dalam membuat keputusan lanjutan dalam menangani pelanggaran yang muncul,” ujar Chief Executive Officer BigBox, Muhammad Sigit,  Kamis, 11 Januari 2023.

BigBox menyajikan solusi end-to-end untuk manajemen dan analisis data yang merevolusi cara perusahaan berinteraksi dengan informasi yang perusahaan butuhkan.

Platform mereka memberdayakan perusahaan dengan alat yang kuat untuk mengelola seluruh siklus data, mulai dari pengumpulan hingga analisis mendalam.

Salah satu fitur andalan dari BigBox adalah Social Media Analytics, fitur ini memungkinkan BPOM untuk melakukan pemantauan produk obat dan makanan yang tersebar di media sosial serta berita dengan lebih cepat dan efisien. 

Dengan teknologi ini, BPOM dapat dengan lebih responsif mendeteksi isu-isu yang berkembang dan mengidentifikasi produk yang melanggar aturan dengan lebih tepat waktu.

Pemanfaatan BigBox telah memberikan BPOM kemampuan untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas berdasarkan analisis data yang mendalam.

Hal ini memungkinkan lembaga pengawas ini untuk menjadi lebih tanggap dalam menangani peredaran produk yang melanggar aturan serta bahan yang dilarang di pasar. 

Adopsi teknologi canggih BigBox merupakan langkah maju dalam memperkuat pengawasan produk.

Teknologi semacam ini membuktikan bahwa inovasi digital memiliki peran penting dalam mendukung lembaga-lembaga pemerintah untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan lebih efisien dan efektif.