<p>Ilustrasi ekspor-impor. / Pixabay</p>
Dunia

Bantu Ekonomi Ukraina, Inggris Bakal Potong Tarif Impor Menjadi Nol

  • Tarif bagi segala barang yang datang ke Inggris dari Ukraina di bawah kesepakatan perdagangan bebas yang ada akan dipotong.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

LONDON - Tarif bagi segala barang yang datang ke Inggris dari Ukraina di bawah kesepakatan perdagangan bebas yang ada akan dipotong. 

Pada hari Senin, 25 April lalu pemerintah Inggris mengumumkan penghapusan tarif impor merupakan bentuk dukungan terhadap perekonomian Ukraina.

“Kami berdiri teguh bersama Ukraina dalam perjuangan yang sedang berlangsung dan akan memastikan Ukraina akan bertahan dan berkembang sebagai negara yang bebas dan berdaulat,” ujar Menteri Keuangan Internasional Inggris, Anne-Marie Trevelyan, seperti dikutip dari Reuters, Selasa, 26 April 2022.

Inggris mengatakan bahwa rata-rata tarif pada impor Ukraina adalah sekitar 22%. 

Tarif yang ada akan dikurangi menjadi nol. Semua kuota juga dihapus menyusul permintaan langsung dari pemimpin Ukraina Volodymyr Zelenskiy. 

Menurut sang presiden, langkah ini akan memberikan dorongan signifikan terhadap ekspor utama Ukraina seperti barley, madu, tomat kalengan, dan unggas.

Selain itu, pemerintah Inggris juga akan memberlakukan larangan ekspor lebih lanjut terhadap produk-produk Rusia. Barang-barang yang dimaksud mencakup uang tunai, barang dan teknologi maritim, dan barang terkait energi. 

Sanksi terhadap barang-barang semacam kaviar, perak, dan berlian telah dijatuhkan terhadap Rusia pada pekan lalu.