<p>Warga melakukan pengisian bahan bakar kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020. Dalam rangka menyambut HUT Ke-75 RI Pertamina memberikan program &#8220;promo merdeka&#8221; pengembalian dana atau cashback sebesar 30 persen dengan pengembalian maksimal Rp 15.000, untuk pembelian BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex kepada masyarakat yang melakukan pembelian melalui aplikasi MyPertamina. Cashback bisa didapatkan diseluruh SPBU Pertamina yang sudah tersedia pembayaran dengan aplikasi MyPertamina selama periode 1-31 Agustus 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Bantu Penanganan COVID-19, Pertamina Gelontorkan Rp839 Miliar

  • JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menggelontorkan dana bantuana penanganan COVID-19 sebesar Rp839 miliar. Total sumbangan ini merupakan dedikasi Pertamina untuk bangsa Indonesia yang tengah menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19. “Dana tersebut didistribusikan dalam bentuk alat medis hingga alat pelingdung diri (APD) untuk rumah sakit rujukan COVID-19, sarana fasilitas kesehatan hingga extra fooding untuk masyarakat,” kata […]

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menggelontorkan dana bantuana penanganan COVID-19 sebesar Rp839 miliar.

Total sumbangan ini merupakan dedikasi Pertamina untuk bangsa Indonesia yang tengah menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19.

“Dana tersebut didistribusikan dalam bentuk alat medis hingga alat pelingdung diri (APD) untuk rumah sakit rujukan COVID-19, sarana fasilitas kesehatan hingga extra fooding untuk masyarakat,” kata Vice President Corporate Communication, Fajriyah Usman dalam keterangan resminya, Senin, 17 Agustus 2020.

Rinciannya, sebesar Rp231 miliar didedikasikan untuk 124 rumah sakit, 112 puskesmas dan 82 posyandu. Kemudian, Rp130 miliar untuk renovasi fasilitas dan alat kesehatan rumah sakit rujukan COVID-19 dan bantuan perlengkapan operasional.

“Termasuk pengadaan 315 unit ventilator serta 142.908 paket makanan siap santap/sembako bagi petugas medis, jurnalis, pekerja sektor informal, kaum marginal,” tambah Fajriyah.

Pertamina juga membangun RS Pertamina Pusat (RSPP) Extension C0VID-19 di Simprug dengan biaya pembangunan mencapai Rp186 miliar dan pembelian alkes Rp146 miliar dilengkapi ICU Room 30 Bed & IGD 20 Bed Non ICU Room 240 – 250 Bed.

Selain itu, Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) juga diperuntukkan sebagai rumah sakit COVID-19 dengan 90 Bed RS Modular yang dilengkapi CCTV intertif 2 arah di tiap kamar. 

Lalu, 52 kamar Hotel Patrajasa dijadikan tempat istirahat tenaga medis, pembangunan laboratorium test COVID-19 yang dilengkapi dengan mesin cobas, mesin magnapure & Lightcyler yang mampu mendeteksi sampel secara cepat dan akurat dengan kapasitas per harinya bisa mencapai 1.400 sampel. 

“Semua kamar memiliki negative Pressure, exhaust fan dengan filter hepa dan filter bibo khusus untuk virus, 120 ventilator dan peralatan media lainnya, serta 2 robot media (Amy dan Temi) yang dimanfaatkan untuk melayani para pasien untuk mengurangi interaksi langsung tenaga medis dengan pasien,” rinci Fajriyah.