<p>Ilustrasi rumah murah BTN. / Facebook @rumahmurahbtn</p>
Industri

Banyak Diskon dan Hadiah, Bank Ramai-Ramai Pameran Properti Online

  • JAKARTA – Meski di tengah situasi pandemi, perbankan terus secara gencar memasarkan kredit pemilikan rumah (KPR) secara daring. Sejumlah bank pun menyelenggarakan virtual event secara nasional untuk meningkatkan optimisme konsumen dalam rangka memulihkan perekonomian nasional. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri, misalnya, dimulai pada 9 September hingga 10 Oktober 2020, menggelar Mandiri Festival […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Meski di tengah situasi pandemi, perbankan terus secara gencar memasarkan kredit pemilikan rumah (KPR) secara daring.

Sejumlah bank pun menyelenggarakan virtual event secara nasional untuk meningkatkan optimisme konsumen dalam rangka memulihkan perekonomian nasional.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri, misalnya, dimulai pada 9 September hingga 10 Oktober 2020, menggelar Mandiri Festival Properti melalui situs mandirifestivalpropertu.com.

Pameran tersebut menampilkan aset-aset properti dari seluruh rekanan developer dan e-commerce di Indonesia.

EVP Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, acara tersebut merupakan inovasi dari strategi pemasaran perseroan di masa pandemi. “Mandiri Festival Properti juga menjadi strategi dalam memperluas penetrasi bisnis KPR perseroan,” ungkapnya dalam siaran pers yang dikutip TrenAsia.com, Kamis, 10 September 2020.

Adapun promo yang ditawarkan berupa program suku bunga spesial dengan beberapa alternatif mulai fixed rate satu tahun hingga 10 tahun, dan diskon biaya KPR.

Angka diskonnya sendiri mencapai 22% dalam rangka menyambut HUT ke-22 Bank Mandiri pada Oktober nanti. Selain itu, diberikan free e-Money masing-masing Rp100 ribu untuk 100 nasabah pertama yang apply selama acara berlangsung.

“Pengunjung Mandiri Festival Properti yang beruntung juga bisa mendapatkan hadiah langsung 1 unit iPhone 11 64GB dan 20 voucher MAP senilai Rp200 ribu yang akan diundi pada akhir event,” ujar Ignatius.

Hingga Juli 2020, Bank Mandiri diketahui telah menyalurkan kurang lebih Rp43 triliun program KPR.

KPR BCA Online Expo

Pada saat yang bersamaan, PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA juga menggelar KPR BCA OnlinEXPO. Acara virtual tersebut mempertemukan nasabah dan masyarakat umum dengan lebih dari 200 perumahan dan apartemen, serta property agent.

Direktur Utama BCA Jahja Setiatmadja mengungkapkan, antusiasme nasabah menjadi pendorong bagi perseroan untuk tetap memasarkan KPR melalui online expo. Menurutnya, agenda tersebut dapat memenuhi kebutuhan nasabah di tengah pandemi, khususnya yang ingin memiliki hunian baru.

“Dalam KPR BCA OnlinEXPO, nasabah akan mendapatkan suku bunga spesial sebesar 5,88% selama fix tiga tahun,” kata Jahja.

Selain itu, Jahja juga mengakui bahwa pandemi telah menurunkan total transaksi pencairan PR BCA dari Rp1,8 triliun-Rp2,5 triliun per bulan, menjadi Rp1 triliun per bulan.

Dengan demikian, KPR OnlinEXPO kali ini diharapkan dapat menaikkan total pencairan kredit hingga Rp1,4 triliun per bulan.

Indonesia Propery Expo 2020 dari BTN

Lebih awal ketimbang Bank Mandiri dan BCA, sebelumnya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. juga menyelenggarakan pameran properti secara virtual sejak 22 Agustus 2020, berlangsung hingga akhir September 2020.

Vice President Non-Subsidized Mortgage and Consumer Lending Division BTN Suryanti Agustinar mengungkapkan, acara tersebut dirancang sebagai platform pertama di Indonesia dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan rumah.

“Program ini mengusung konsep pameran virtual 4D yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk mencari properti secara online,” ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Para pengunjung pameran virtual, kata Suryanti, dapat memilih wilayah dan rumah yang diinginkan, serta melakukan booking fee secara online melalui situs web btnproperti.co.id.

Pameran yang menggandeng 175 pengembang ini terdiri dari 100 pengembang rumah subsidi dan 75 pengembang nonsubsidi, serta mewakili lebih dari 500 proyek hunian dan komersial.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia Property Expo 2020 juga memberikan pengalaman menjelajahi rumah impian dengan teknologi empat dimensi dan dilengkapi layanan customer support selama 24 jam

Adapun beragam promo yang ditawarkan, meliputi sejumlah kredit pemilikan rumah (KPR) seperti, KPR Gaeesss! for Millennials, Kredit Agunan Rumah – New Normal, Indonesia Properti Virtual Expo 2020, hingga Program Bank BTN Syariah – Indonesia Properti Virtual Expo 2020.

Rumah yang ditawarkan mulai Rp148 juta dengan bunga mulai 4,17% fixed satu tahun. Berikut perbedaan antara program rumah nonsubsidi atau komersil dengan program rumah subsidi.

Program Rumah Nonsubsidi:

  1. Suku bunga mulai dari 4.17% fixed 1 tahun (berlaku untuk debitur payroll dan developer tertentu)
  2. Suku bunga mulai dari 5.50% fixed 1 tahun (berlaku untuk debitur nonpayroll dan developer tertentu)
  3. Libur bayar angsuran selama 2 tahun
  4. Bebas biaya provisi, administrasi dan appraisal
  5. Diskon asuransi jiwa 20%
  6. Saldo LinkAja Rp178.000 hingga Rp450.000

Program Rumah Subsidi:

  1. Uang muka mulai dari 1%
  2. Jangka waktu hingga 20 tahun
  3. Suku bunga 5% sesuai ketentuan KPR FLPP dan SSB 
  4. Diskon biaya provisi sebesar 50%
  5. Diskonbiaya administrasi sebesar 50%

Kemudian, produk lainnya, yakni Program Tabungan – Indonesia Properti Virtual Expo 2020 dan promo Program Transaksi E-Channel Indonesia Properti Virtual Expo 2020. Bagi masyarakat yang memiliki aplikasi BTN Properti Mobile, mereka dapat mengajukan KPR melalui aplikasi.