<p>Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang / Dok.  Kementerian PUPR</p>
Industri

Banyak Ruas Tol Baru Tersambung, Colliers: Belum Tentu Kota Penyangga Jadi Pusat Komersial

  • Jalan tol di Indonesia saat ini sudah semakin tersambung untuk memudahkan konektivitas antar kota di Indonesia. S
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan tol di Indonesia saat ini sudah semakin tersambung untuk memudahkan konektivitas antarkota di Indonesia. Konektivitas antarkota ini mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah semakin pesat. 

Konektivitas yang semakin mudah tersebut juga mampu memberikan potensi untuk kota-kota yang dilewati jalan tol dapat menumbuhkan pusat komersial maupun hunian di beberapa kota-kota besar. 

Head of Research Ferry Salonto mengatakan, hal lain yang  perlu diperhatikan adalah bagaimana kontribusi pembangunan jalan tol yang sedang maupun sudah dibangun terhadap kegiatan ekonomi di satu wilayah.

"Di beberapa wilayah terdapat kota center yakni kota besar (dapat menjadi pusat komersial) karena kegiatan komersial tersebut memang sudah ada di kota-kota besar," kata Ferry dalam webinar, Rabu, 6 Juli 2022.

Sedangkan, untuk kota-kota di sekitar kota besar tersebut masih membutuhkan banyak waktu untuk menjadi sebuah pusat komersial.

Ferry mencontohkan, salah satu pembangunan ruas baru yang sedang dibangun yakni Jalan Tol Yogyakarta - Bawen. Dari jalan tol ini, kota besar yang menjadi pusat komersial yang dilewati jalan bebas hambatan tersebut tetap Yogyakarta. 

Sementara, untuk pertumbuhan ekonominya dapat dirasakan oleh kota-kota penyangga di sekitar Yogyakarta. 

Sama halnya dengan pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak, konektivitas yang ada nantinya mampu memudahkan dan memperlancar arus barang dan jasa. Meski begitu, belum bisa dikatakan bahwa Demak bisa menjadi kawasan komersial. Karena hal itu tergantung dengan kesiapan dari kota tersebut. 

“Jadi intinya, pengembangan-pengembangan ruas tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas sehingga bisa memaksimalkan potensi di daerah tertentu sekaligus menciptakan sinergi antara kota-kota yang dilewati jalan tol,” katanya.