Chat GPT
Tekno

Banyak Saingan, OpenAI Banting Harga Model Baru GPT 3.5 Turbo Lagi

  • Perusahaan laboratorium penelitian kecerdasan buatan, OpenAI akan meluncurkan model baru pada produk GPT 3.5 turbo dan menurunkan harganya.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Perusahaan laboratorium penelitian kecerdasan buatan, OpenAI akan meluncurkan model baru pada produk GPT 3.5 turbo dan menurunkan harganya. 

Hal ini sebagaimana diumumkan perusahaan pada hari Kamis, 25 Januari 2024. Dikutip dari Business Insider, selain mengumumkan model embedding baru dan penurunan harga, OpenAI juga memperkenalkan model GPT-4 Turbo yang baru.

Untuk diketahui, GPT 3.5 Turbo adalah model yang digunakan untuk menjalankan ChatGPT. Dalam peluncuran model baru ini nanti, ChatGPT juga akan menurunkan harga produk tersebut untuk ketiga kalinya dalam setahun terakhir.

Model GPT-3.5 Turbo yang baru akan diperkenalkan minggu depan, kata OpenAI, dan baik biaya input maupun output untuk model ini akan dikurangi. Untuk biaya input sediri akan turun 50% menjadi US$0,0005 atau setara Rp7,91 (kurs Rp15.825) per ribu token masuk, dan biaya output turun 25% menjadi $0,0015 atau setara Rp23,74 per ribu token keluar.

Model bahasa memproses teks menggunakan token, yaitu urutan karakter yang sering muncul dalam sebuah teks. Model GPT mengajarkan dirinya untuk memahami hubungan antara token-token tersebut dan dapat menghasilkan token berikutnya dalam suatu urutan, menurut OpenAI.

Perusahaan menyebut, penurunan harga ini bertujuan untuk membantu pelanggan OpenAI "meningkatkan skala," terutama karena ChatGPT semakin banyak digunakan untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan tulisan.

Penurunan harga ini juga dapat menjadi hasil dari upaya OpenAI untuk menyederhanakan dan meningkatkan model dalam beberapa bulan terakhir, terutama seiring dengan meningkatnya persaingan dalam komunitas API, seperti dilaporkan oleh TechCrunch.

Model GPT-3.5 Turbo yang baru, dinamai 0125 sesuai dengan tanggal pengumumannya. Perusahaan berharap peluncuran model terbaru ini juga akan mencakup sejumlah perbaikan produk, termasuk peningkatan akurasi dalam merespons format yang diminta dan perbaikan bug.

GPT-3.5 Turbo telah menjadi standar industri di antara model AI lain yang berusaha bersaing dengan akurasi dan pengakuan merek OpenAI.

OpenAI juga memperkenalkan versi terbaru dari model pratinjau GPT-4 Turbo. Meskipun model ini lebih canggih dari model sebelumnya dalam menyelesaikan tugas, versi baru ini akan memperbaiki bug sebelumnya di GPT-4 Turbo yang dimaksudkan untuk mengurangi kasus "kemalasan" di mana model tidak menyelesaikan tugasnya, kata perusahaan yang dipimpin Sam Altman tersebut.

Pembaruan ini diluncurkan sekitar tiga minggu setelah OpenAI membuka kembali pendaftaran untuk model langganan mereka, ChatGPT Plus, yang didukung oleh GPT-4. Pelanggan bulanan layanan ini memiliki akses ke lebih banyak fitur, termasuk kemampuan berinteraksi dengan chatbot melalui suara dan terlibat dalam percakapan "bolak-balik" dengan produk tersebut.