Nasional

Bapanas Pastikan Stok Beras Wilayah Jakarta Terkendali

  • Badan Pangan Nasional memastikan bahwa stok beras medium dengan harga Rp8.900 per kg di Wilayah DKI Jakarta aman. Hal ini dilakukan dalam rangka stabilisasi harga beras di tingkat konsumen.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bahwa stok beras medium dengan harga Rp8.900 per kg di Wilayah DKI Jakarta aman. Pengendalian harga beras dilakukan dalam rangka stabilisasi harga di tingkat konsumen.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, aksi ini merupakan bagian dari upaya pengendalian inflasi pangan mengingat komoditas beras pada bulan Oktober 2022 turut memberikan andil terhadap inflasi.

“Seperti diketahui berdasarkan data BPS, pada Oktober komoditas beras turut memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,03 persen,” ujarnya.

Arief menambahkan pihaknya akan terus mengendalikan harga beras di tingkat konsumen agar tidak berada di atas harga ecera tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Rp9.450 per kg.

Salah satu langkah konkrit yang dilakukan NFA bersama Kementerian atau Lembaga, BUMN, dan stakeholder pangan lainnya adalah dengan melakukan operasi pasar melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang dilaksanakan BULOG melalui penyaluran Beras Medium seharga Rp8.900 per kg ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta.

Gerakan stabilisasi beras ini difokuskan di PIBC, karena Pasar Induk Cipinang merupakan barometer ketersediaan dan stabilisasi harga beras nasional. Dengan permintaan sekitar 3.000 ton per minggu atau berkontribusi 27% terhadap nasional.

Sebagai tahap awal BULOG akan menyediakan 2.000 ton beras untuk disuplai ke PIBC. Nantinya secara paralel akan dilakukan mobilisasi stok dari Sulawesi Selatan sekitar 6.000 ton dan dari NTB 9.800 ton, kemudian dari BULOG di sekitar DKI Jakarta sebanyak 14.000 ton.

Berdasarkan data Panel Harga Pangan NFA, per 5 November 2022 harga rata-rata nasional beras medium Rp11.166 per kg, dengan harga tertinggi di provinsi Papua Barat Rp13.500 per kg dan terendah Rp9.685 per kg di provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan HET beras medium di kisaran Rp9.450 hingga Rp10.250 sesuai dengan pembagian zonasi.