<p>Ilustrasi virus corona (COVID-19) dari kelelawar. / Pixabay</p>
Nasional

Bappenas Perkuat Sektor Kesehatan di Tahun 2021

  • JAKARTA—Pandemi COVID-19 mendorong Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menambahkan penguatan sektor kesehatan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021. “Setelah jaring pengaman sosial penanganan pandemi virus COVID-19, pemerintah akan melakukan reformasi sistem kesehatan,” tulis Bappenas, Minggu, 10 Mei 2020 sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id. Bappenas juga menyebut, selain permasalahan pandemi, Indonesia masih dihadapkan pada penyakit lain […]

Nasional
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA—Pandemi COVID-19 mendorong Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menambahkan penguatan sektor kesehatan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021.

“Setelah jaring pengaman sosial penanganan pandemi virus COVID-19, pemerintah akan melakukan reformasi sistem kesehatan,” tulis Bappenas, Minggu, 10 Mei 2020 sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id.

Bappenas juga menyebut, selain permasalahan pandemi, Indonesia masih dihadapkan pada penyakit lain yang juga butuh penanganan serius. Beberapa penyakit menular berbahaya yang dimaksud seperti Tuberculosis (TB), malaria, kusta, serta penyakit paru pneumonia yang menjadi penyakit bawaan untuk pasien COVID-19.

“Dari pandemi ini, Pemerintah belajar untuk membenahi sistem kesehatan di tanah air dan mulai melakukan langkah untuk menjalankan reformasi sistem kesehatan nasional,” lanjut Bappenas.

Reformasi ini, menurut Bappenas, akan dilihat dari dua sisi, yakni demand side (permintaan) dan supply side (ketersediaan), di mana masyarakat akan lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan. Adapun reformasi kesehatan akan dimulai dari tingkat paling dasar, yakni puskesmas.

“Seperti kita ketahui masih banyak puskesmas yang masih kekurangan alat medis dan tenaga kerja, maka fokus pemerintah untuk memperbaikinya,”

Di samping itu, Bappenas menyebut reformasi kesehatan berikutnya dengan penguatan health security atau keamanan kesehatan. Keamanan kesehatan bertujuan untuk mendeteksi dini dan mencegah penyakit-penyakit berbahaya caranya dengan menghadirkan alat respons cepat dan juga mendirikan laboratorium penelitian.

Bappenas juga akan memfokuskan RKP 2021 dengan gerakan masyarakat hidup sehat, menyediakan air bersih dan sanitasi yang memadai, mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan, serta mengajak masyarakat untuk menciptakan kawasan yang sehat.