Para pemain Barcelona berpesta di kamar ganti usai memastikan gelar La Liga dengan membekuk Espanyol 4-2 di RCDE Stadium, Minggu 15 Mei 2023 dini hari WIB.
Gaya Hidup

Barcelona Rebut Titel La Liga Perdana Tanpa Messi Sejak 1998/1999

  • Barcelona memastikan gelar La Liga 2022/2023 usai mengalahkan Espanyol dengan skor 4-2 di RCDE Stadium, Senin 15 Mei 2023 dini hari WIB.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

BARCELONA—Barcelona memastikan gelar La Liga 2022/2023 usai mengalahkan Espanyol dengan skor 4-2 di RCDE Stadium, Senin 15 Mei 2023 dini hari WIB. Gelar La Liga ke-27 Barcelona tersebut sekaligus menjadi trofi perdana mereka di La Liga tanpa kehadiran Lionel Messi sejak musim 1998/1999. 

Selama ini Barcelona memang disebut memiliki ketergantungan terhaadap sosok La Pulga, julukan Messi. Kekhawatiran pun sempat muncul di kalangan fans usai Messi hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG) musim lalu. Namun torehan gelar liga di tengah kompetisi yang masih menyisakan empat laga musim ini meruntuhkan anggapan tersebut. 

Kemenangan atas Espanyol membuat Barcelona unggul 14 poin dari Real Madrid yang menempati posisi kedua La Liga. Dengan empat laga lagi, mustahil Madrid dapat mengejar perolehan angka Barca. Hal ini bisa dibilang istimewa mengingat klub musim ini tampil dengan “skuat seadanya”. Praktis tak ada bintang yang menonjol sepeninggal Messi.  

Trofi musim ini sekaligus menutup puasa gelar Barcelona di  Liga Spanyol sejak 2018/2019. Sejumlah fans pun mulai merasa Barca di bawah Xavi Hernandez tak memerlukan lagi sosok Messi. Diketahui, belum lama ini Presiden Barcelona, Joan Laporta, menyatakan keseriusannya untuk memboyong kembali sang bintang ke Camp Nou musim panas ini.

Dalam wawancaranya dengan Jijantes, Laporta mengaku akan melakukan segalanya untuk membawa Messi bermain lagi di Barcelona. “Kami sedang bekerja untuk itu dan memastikan (kehadiran Messi) sesuai Financial Fair Play,” ujar Laporta. Jurnalis spesialis transfer pemain, Fabrizio Romano, juga membenarkan kabar tersebut.