<p>Bank Sahabat Sampoerna, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>

Baru 2 Tahun, PDaja.com Milik Bank Sampoerna Salurkan Pinjaman UMKM Rp582,2 Miliar

  • Pada Januari hingga Oktober 2020 PDaja.com telah menyalurkan pinjaman sebesar 174 miliar untuk 222 peminjam

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank Sahabat Sampoerna melalui PDaja.com sukses menyalurkan pinjaman kepada 541 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak Rp582,2 miliar selama dua tahun berkiprah.

Chief of Credit and Collection Bank Sampoerna, Irma Savitry Daulay mengatakan, pada Januari hingga Oktober 2020 PDaja.com telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp174 miliar untuk 222 peminjam. Sedangkan PDaja.com sendiri telah beroperasi sejak November 2018.

Sebagai inovasi dari Bank Sampoerna, ia mengklaim PDaja.com telah memudahkan peminjam untuk melakukan aplikasi pinjaman. Dengan adanya pandemi ini, lanjut Irma, pihaknya telah membantu peminjam untuk meminimalisir interaksi fisik dan dapat melakukannya dari rumah.

“Cukup mengetik data diri, dan meletakkan geo-tagging, mengunggah dokumen, maka pengajuan pinjaman melalui sistem sudah terproses. Tetap ada tatap muka untuk tim analis atau survei namun sesuai protokol yang dianjurkan oleh pemerintah,” dalam sebuah webinar di Jakarta, Rabu 25 November 2020.

Sementara itu, Direktur Mikro Bisnis Bank Sampoerna, Rudy Mahasin mengungkapkan, saa ini PDaja.com telah menjangkau wilayah yang lebih luas. Sebelumnya layanan pendanaan hanya dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saja.

“Sekarang PDaja.com dapat menjangkau di lima kota besar. Calon peminjam di kota Medan, Pekanbaru, Bandung, Surabaya dan Makassar dapat melakukan pengajuan. (Pengajuan) melalui www.pdaja.com atau mitra bisnis kami,” ungkap Rudy Mahasin.

Lending Center Head Bank Sampoerna, Christian Andreas turut mengemukakan bahwa pihaknya membuka kesempatan untuk kerja sama bagi tenaga kerja yang mungkin terkena dampak perekonomian sehingga harus dirumahkan.

“Kini PDaja.com telah membina ratusan mitra bisnis dalam rangka melakukan penetrasi pasar. Dan (kami) menjadi narahubung antara PDaja.com dengan calon peminjam,” tutupnya. (SKO)