<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Baru Lulus di Tengah Resesi? Ini Strategi Tepat Antinganggur

  • Banyak orang yang kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana cara mencari pekerjaan baru ketika resesi. Kondisi resesi dapat menimbulkan peningkat
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang yang kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana cara mencari pekerjaan baru ketika resesi. 

Kondisi resesi dapat menimbulkan peningkatan pengangguran dan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan jadi semakin tinggi.

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran sendiri bagi pencari kerja, terutama bagi Anda yang merupakan lulusan baru atau fresh graduate. Melangkah ke dunia nyata setelah lulus memang terasa menakutkan, bahkan di masa ekonomi yang ‘normal’. 

Tapi tak usah risau. Ada beberapa tips dan strategi mencari pekerjaan bagi lulusan baru di tengah kondisi resesi yang bisa Anda coba berikut ini.

Mulailah Mencari Pengalaman

Ketika Anda mulai bertanya-tanya bagaimana bisa mendapatkan pekerjaan usai kuliah, mungkin Anda merasa was-was dan cemas. 

Hal ini karena banyak lulusan perguruan tinggi yang mencoba untuk masuk ke bidang pekerjaan di mana mereka tidak begitu berpengalaman sehingga mereka berada posisi yang kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan kandidat yang lebih berpengalaman.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kecemasan Anda bisa mencoba membangun pengalaman sebelum benar-benar harus mencari pekerjaan. 

Misalnya, jika Anda memutuskan ingin bekerja di firma hukum sebagai paralegal, Anda tidak perlu menunggu dan dipekerjakan untuk mulai belajar hukum. Anda bisa menjangkau orang-orang yang berkarier di bidang hukum dengan mewawancarai pengacara untuk sebuah blog atau media.

Pamerkan Karya Anda

Ketika berhadapan dengan mencari pekerjaan setelah kuliah di bidang kreatif seperti menulis atau desain, Anda perlu membangun portofolio pekerjaan mulai sekarang. 

Untuk mendapatkan pekerjaan layanan seperti akuntansi dan konsultasi, Anda bisa mencoba untuk menjadi sukarelawan di sebuah organisasi nirlaba dan menulis studi kasus yang menunjukkan saran atau nilai yang perlu Anda tambahkan. 

Tampilkan portofolio Anda tersebut di situs web pribadi, akun media sosial, atau platform seperti LinkedIn.

Pertahankan Tujuan Karier Anda di Jalurnya, Bahkan Saat Kondisi Resesi

Untuk menentukan cara mencari pekerjaan di masa resesi yang bisa jadi lebih menantang, Anda bisa mencoba mempertahankan tujuan karier Anda tetap pada jalurnya. Jika Anda mengingat tips ini saat mencari pekerjaan, Anda akan dengan mudah tetap menjadi diri Anda dan bisa dipekerjakan di tempat mana pun.