Mobil pickup modifikasi yang dipakai Ganjar-Mahfud menuju KPU, Kamis 19 Oktober 2023 (Foto: Tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan)
Nasional

Batal Pakai Mobil Presiden Soekarno, Ganjar-Mahfud MD Pakai Pickup ke KPU

  • Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berangkat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menggunakan mobil pickup, Kamis 19 Oktober 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berangkat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menggunakan mobil pickup, Kamis 19 Oktober 2023. Berdasarkan pantauan Trenasia melalui siaran langsung saluran Youtube resmi PDI Perjuangan, pickup tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Pada bagian bak belakang telah diganti dengan dekorasi membentuk rumah yang lengkap dengan atapnya. Bagian luarnya terdapat hiasan merah putih yang menyelimuti. Di atas kendaraan tersebut nampak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD beserta Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua TPN Arsjad Rasjid. Mereka tampak menyapa para relawan dan pendukung yang mengerumuninya. 

Sebelumnya, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diketahui memilih menggunakan eks mobil dinas Presiden Soekarno untuk menuju KPU. Mobil tersebut diketahui telah terparkir di Tugu Proklamasi sebagai titik awal keberangkatan.

Mobil bertipe Cadillac Fleetwood 75 Limosin itu terlihat masih dalam kondisi kinclong. Body mobil masih utuh dan cukup mengkilap. Terdapat bendera merah putih yang dipasang di bagian depan mobil. Nantinya Ganjar dan Mahfud MD akan menumpangi eks kendaraan dinas presiden pertama tersebut dalam iring-iringan menuju KPU.

Pasangan tersebut akan memulai iring-iringan menuju KPU dari Tugu Proklamasi. Setelah itu akan bergerak menuju daerah Suropati untuk bertemu dengan pendukung dan relawan. Baru setelahnya Ganjar – Mahfud akan menuju KPU untuk mendaftar capres-cawapres. Sesuai jadwal, mereka akan mendaftarkan diri pada pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu dinilai sosok yang tepat karena sarat pengalaman di pemerintahan. 

Pengumuman tersebut disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” ujar Mega, dikutip dari Antara. 

Pengumuman itu langsung disambut selawatan para hadirin. Saat deklarasi, Megawati didampingi para pimpinan partai koalisi seperti Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. 

Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar digelar sehari sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19 Oktober 2023. Masa pendaftaran capres dan cawapres dibuka pada 19-25 Oktober 2023. 

Adapun Ganjar Pranowo dideklarasikan menjadi capres sejak 21 April 2023 lalu. Partai PDIP sebagai pengusungnya melakukan deklarasi di Istana Batu Tulis. Saat pendeklarasian tersebut, Ganjar mengaku siap menerima tugas dan mandat yang diberikan padanya. “Insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ganjar.