<p>Kawasan Silicon Valley Nongsa D-Town di Batam milik Grup Sinarmas / nongsa-dtown.com</p>
Nasional

Batam dan Bintan Dibuka untuk Turis Asing Mulai April 2021

  • JAKARTA – Dua kawasan pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri), Batam dan Bintan akan dibuka untuk wisatawan mancanegara pada 21 April 2021. Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan pihaknya sudah melakukan perbincangan dengan pemerintah pusat untuk membuka akses bagi turis asing. “Kami juga sudah berkomunikasi dengan pemerintah Singapura,” kata Ansar Ahmad di Tanjungpinang, dilansir dari Antara, […]

Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Dua kawasan pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri), Batam dan Bintan akan dibuka untuk wisatawan mancanegara pada 21 April 2021.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan pihaknya sudah melakukan perbincangan dengan pemerintah pusat untuk membuka akses bagi turis asing.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan pemerintah Singapura,” kata Ansar Ahmad di Tanjungpinang, dilansir dari Antara, Minggu, 3 Maret 2021.

Ansar mengungkapkan Lagoi di Bintan dan Nongsa Point Marina Batam menjadi poin awal untuk masuknya wisatawan mancanegara. Dua kawasan ini sudah siap beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.

“Upaya memulihkan ekonomi dengan menggairahkan sektor pariwisata semakin mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ansar menuturkan, untuk mendukung kesiapan pariwisata, maka pemerintah daerah akan melakukan vaksinasi. Mulai pekan depan, pengeolola industri pariwisata di Batam dan Binta mulai divaksin bertahap. Bahkan sejumlah masyarakat di kawasan tersebut juga akan divaksin.

“Ini semua dalam upaya reaktivasi sektor pariwisata,” tutur Ansar.

Ansar juga menjelaskan, dari 15 hotel yang ada di Bintan, baru empat hotel yang akan dibuka. Kawasan ini pun sudah menyiapkan perangkat tes usap PCR. Meski sudah tersedia, katanya, kemungkinan cukup menggunakan Genose yang terbukti efektif mendeteksi COVID-19.

Penggunaan Genose ini disambut baik bagi mereka yang ingin berkunjung ke Kepri. Selain caranya mudah, juga biayanya yang murah.

“Secara umum mereka sangat siap, Mudah-mudahan langkah ini menjadi awal yang baik mengembalikan Kepri sebagai daerah tujuan wisata. Sehingga perekonomian Kepri terus meningkat dan kembali mencapai pertumbuhan yang tinggi, di mana kasus penyebaran COVID-19 bisa terus ditekan,” ujar Ansar.