Meski Punya Banyak Keunggulan, Ini Beberapa Pertimbangan Sebelum Mantap Beli iPhone 15 Pro
Tekno

Baterai iPhone 15 Dilaporkan Cepat Habis, Ini Cara Membuatnya Tahan Sepanjang Hari

  • Inilah cara membuat baterai iPhone 15 tahan sepanjang hari untuk mengatasi masalah baterai cepat habis pada perangkat iPhone 15.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apple baru saja merilis berbagai jajaran produk iPhone 15 bulan lalu. Tentu saja hal tersebut membuat para Apple fans gembira karena bisa memperoleh produk terbaru yang dirilis oleh Apple.

Meski begitu, ternyata ada keluhan dari pengguna yang mengalami masa pakai baterai lebih pendek dari yang diharapkan pada iPhone 15, iPhone 15 Pro, atau iPhone lain. Padahal, pelanggan sangat bersemangat untuk membeli model premium tersebut, tapi beberapa pengguna justru mengalami masalah baterai yang cepat habis.

Seperti yang dilansir Trenasia dari HT Tech pada Senin, 9 Oktober 2023, Apple telah menginformasikan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan pengembang untuk memperbaiki masalah ini. Pengguna juga disarankan untuk mempertimbangkan memiliki power bank atau baterai MagSafe untuk memberikan kenyamanan tambahan.

Namun, jika Anda sering menghadapi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa trik dan tips untuk meningkatkan kinerja baterai Anda. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa masalah baterai yang cepat habis ini tumpang tindih dengan masalah panas berlebih pada iPhone 15. 

Apple mengaitkan hal tersebut dengan beberapa kondisi tertentu selama pengaturan awal dan aplikasi pihak ketiga seperti Asphalt 9, Uber, dan Instagram. Anda bisa meredakan masalah panas berlebih yang terjadi di iPhone 15, dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Pertama, batasi penggunaan aplikasi yang bermasalah hingga pembaruan tiba.
  2. Pastikan Anda memiliki pembaruan Instagram yang terbaru.
  3. Perbarui aplikasi lainnya dan hindari menggunakan aplikasi yang menimbulkan panas berlebih.
  4. Tetap waspada ketika muncul rilis iOS Apple yang akan datang, karena kemungkinan iOS 17.0.3 untuk perbaikan yang menyeluruh.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPhone 15

Cara meningkatkan daya tahan baterai iPhone 15

Berikut beberapa strategi efektif yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone 15.

Periksa Penggunaan Aplikasi

Buka Pengaturan atau menu Settings dan ketuk opsi baterai untuk mengetahui aplikasi apa saja yang boros energi dan aktivitas latar belakangnya.

Gunakan Low Power Mode

Anda bisa menggunakan mode ini dengan mengaksesnya di menu Settings atau Pengaturan lalu klik pada opsi Battery. Jika Anda mengaktifkan mode ini, maka akan menghentikan proses yang berlangsung di background atau latar belakang untuk sementara, sehingga lebih ideal untuk menghemat baterai selama proses pengaturan awal ponsel.

Sesuaikan Auto-Lock dan Brightness

Anda bisa mencoba mengaktifkan Auto-Lock atau kunci otomatis ke 30 detik dan turunkan kecerahan layar atau brightness untuk lebih menghemat daya. Anda bisa mengakses pengaturan ini di menu Settings atau Pengaturan lalu klik pada opsi Display & Brightness.

Kelola Opsi Always On Display

Anda mematikan fitur tampilan yang selalu aktif ini untuk lebih menghemat masa pakai baterai. Anda bisa mengakses pengaturan ini melalui menu Pengaturan atau Settings, klik pada opsi Display & Brightness, klik atau tap pada opsi Always on Display.

Pantau Suhu Ponsel

Jaga iPhone Anda dalam kisaran suhu yang direkomendasikan oleh Apple yaitu 0 sampai 35 derajat Celcius untuk mencegah kerusakan baterai secara permanen.

Kontrol Background App Refresh

Sesuaikan aplikasi apa saja yang dapat direfresh di background atau latar belakang. Anda bisa mengakses pengaturan ini melalui menu Settings, kemudian klik opsi General, tap bagian Background App Refresh.

Layanan Lokasi dan Push atau Fetch

Anda bisa meninjau dan menyesuaikan pengaturan layanan lokasi. Caranya yaitu cari menu Pengaturan atau Settings, lalu tap bagian Privacy & Security, dan klik Location Services. Selain itu, pilih kapan akun email atau layanan internet harus mengirim atau mengambil data dengan cara tap bagian Settings, klik Email, klik Account, lalu tap bagian Fetch New Data.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi masalah baterai yang terkuras dan panas berlebih. Anda juga bisa menunggu hingga muncul pembaruan perangkat lunak atau software dari Apple. Meski begitu, cara meningkatkan dan membuat baterai iPhone bisa bertahan sepanjang hari yang dijelaskan di atas dapat membantu sambil Anda menunggu adanya update software dari Apple.