<p>Maskapai penerbangan komersil Batik Air saat mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jum&#8217;at, 3 Juni 2020. PT Angkasa Pura II (Persero) akan mengkordinasikan permintaan maskapai untuk slot penerbangan, rute penerbangan dan frekuensi penerbangan di dalam satu rute agar kembali terciptanya keseimbangan terhadap tingkat permintaan dari penumpang, saat ini PT Angkasa Pura II mengaku slot terbang di Bandara Soekarno Hatta belum optimal dimanfaatkan oleh maskapai pada masa new normal ini. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Batik Air Buka Rute Penerbangan ke 2 Kota di Vietnam

  • Batik Air, anak usaha Lion Air Group menambahkan dua kota tujuan di Vietnam yaitu Hanoi - Bandar Udara Internasional Nội Bài (HAN) dan Ho Chi Minh City (Saigon) - Bandar Udara Internasional Tân Sơn Nhất (SGN), menyusul Da Nang.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Batik Air, anak usaha Lion Air Group menambahkan dua kota tujuan di Vietnam yaitu Hanoi - Bandar Udara Internasional Nội Bài (HAN) dan Ho Chi Minh City (Saigon) - Bandar Udara Internasional Tân Sơn Nhất (SGN), menyusul Da Nang. 

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan penerbangan ke Vietnam bisa di tempuh dari beberapa kota termasuk Medan lewat Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara (KNO), Jakarta lewat Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK).

Lalu Jogja lewat Banda Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), Surabaya lewat Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB), Denpasar lewat Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (DPS) serta Makassar lewat Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG). Penerbangan dari Indonesia juga terkoneksi dengan Batik Air Malaysia (kode penerbangan OD). 

“Beberapa keuntungan bagi pebisnis dan wisatawan dari Indonesia yang melakukan perjalanan ke Vietnam dengan transit dari Kuala Lumpur, antara lain relatif lebih terjangkau biayanya," kata Danang Rabu, 26 April 2023.

Adapun alasan Batik Air membuka penerbangan Indonesia menuju Vietnam, seperti Hanoi, Ho Chi Minh City dan Da Nang antara lain Vietnam merupakan salah satu negara dengan ekonomi yang berkembang pesat di Asia Tenggara, sehingga potensi pasar bagi maskapai penerbangan semakin terbuka lebar.

Kemudian Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Vietnam dari Indonesia dan dari Vietnam ke Indonesia, permintaan untuk penerbangan antara kedua negara semakin tinggi. 

Batik Air optimis dapat memenuhi permintaan tersebut dan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pebisnis dan wisatawan. Salah satu keunikan wiata, Vietnam terkenal sebagai Tanah Lotus, karena bunga nasional Vietnam dan tumbuh di sepanjang sungai dan danau di negara ini.

“Ada potensi koneksi lanjutan. Rute penerbangan baru juga membuka potensi koneksi lanjutan bagi wisatawan dan pebisnis untuk berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia dan di Vietnam," kata Danang

Ditambahkan, Batik Air mengoperasikan pesawat generasi terbaru Boeing 737-800NG. Pesawat ini didesain dengan kabin yang lebih nyaman, makanan dan minuman gratis, serta hiburan in-flight yang lengkap. Layanan Batik Air bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para tamu (sebutan penumpang), dalam mengakomodir perjalanan bisnis dan liburan.