<p>Ilustrasi bawang merah dan bawang putih. / Antara Foto</p>
Nasional

Bawang Putih jadi Kunci Bali Menuju Nol Kemiskinan, Ini Penjelasannya

  • Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan saat ini Pemprov Bali sedang mendorong pertumbuhan komoditas bawang putih di Kabupaten Bangli dan Buleleng. Langkah ini dilakukan dengan harapan dapat membantu menuju Bali nol kemiskinan.

Nasional

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan saat ini Pemprov Bali sedang mendorong pertumbuhan komoditas bawang putih di Kabupaten Bangli dan Buleleng. Langkah ini dilakukan dengan harapan dapat membantu menuju Bali nol kemiskinan. 

“Walaupun kecil (angka kemiskinan) tetap masih ada, targetnya adalah nol jadi perlu kecepatan untuk mencapai nol miskin,” terang Koster. 

Untuk diketahui ketahanan pangan memiliki korelasi dengan tingkat kemiskinan suatu daerah. Ketahanan pangan Bali menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Dari 10 komoditas pangan strategis, yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai besar, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, dan daging babi, seluruhnya surplus, terkecuali bawang putih.

Angka Kemiskinan Terendah se-Indonesia 

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Muhammad Mardiono dalam kunjungannya ke Denpasar beberapa waktu lalu menyebut saat ini angka kemiskinan di Pulau Dewata ini hanya 4,25% atau terendah se-Indonesia. Namun, tetap saja menurutnya penting untuk mengkaji wilayah yang menjadi penyumbang tertinggi angka kemiskinan. 

Kujungannya ini sebagai utusan khusus bidang kerjasama pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan untuk mengkaji kantong-kantong kemiskinan yang masih ada. 

“Yang kita perbincangkan bagaimana langkah ke depan. Harus kita tekan kita lakukan sebuah kajian, kantong-kantong yang masih menyumbangkan angka itu ada dimana,” terangnya. 

Lebih lanjut Mardiono meminta Bali meningkatkan surplusnya meski saat ini telah memiliki ketahanan pangan mandiri. 

“Kalau bisa bahkan ditingkatkan agar surplusnya itu bisa disumbangkan ke daerah-daerah yang lain di sekitar Provinsi Bali, sehingga daerah yang berdekatan tidak lagi memberangkatkan dari tempat jauh yang biaya logistiknya jadi lebih tinggi,” ujarnya. 

Program Kolaborasi

Beberapa program kolaborasi yang melibatkan lintas stakeholder juga dilakukan guna mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem pada semua Kabupaten di Bali. Contohnya adalah kabupaten Buleleng yang sukses menurunkan persentase kemiskinan dari 1,51% ke 0,48% pada 2022. 

Pemkab Klungkung menciptakan berbagai program inovasi diantaranya adalah Program Bedah Desa dengan fokus pengentasan kemiskinan. Selain itu di bidang pendidikan ada program Satu Desa Satu TK Negeri, Gema Arca, Beasiswa KK Miskin dan Angkutan Siswa Gratis pada bidang pendidikan. 

Untuk bidang kesehatan sendiri, pemkab telah mencetuskan program KRIS 118, Universal Health Coverage (UHC), Ceting dengan Jus Fe serta program Kasi Nikah. 

Sementara itu, pada bidang pemberdayaan telah digagas Program Hidroponik Masuk Desa, Beri Kail Bukan Ikan, Entrepreneur Masuk Desa, Uyah/Garam Kusamba, Bima Juara dan TOSS, serta Gema Tansaplast.