Industri

Bayar DAMRI Bisa Pakai DANA di 100 Rute

  • Pembayaran tiket perjalanan DAMRI dapat dilakukan melalui dompet digital DANA.

Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Pembayaran tiket perjalanan DAMRI dapat dilakukan melalui dompet digital DANA.

Pembayaran melalui DANA mulai tersedia pada lebih dari 100 rute perjalanan. Beberapa rute perjalanan yang tiketnya sudah bisa dibayar melalui DANA ialah Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, dan Pontianak.

Direktur Utama Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau DAMRI Setia N Milatia Moemin mengatakan kerja sama ini untuk mendorong program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia (BI).

“Dengan kolaborasi ini, DANA semakin melengkapi berbagai metode pembayaran cashless dan mempermudah masyarakat dalam membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara dan kawasan pariwisata,” katanya dalam keterangan resmi yang dilansir, Sabtu 27 Maret 2021.

DANA merupakan dompet digital dengan pengguna yang tinggi di Indonesia. Hingga 24 Maret 2021, total pengguna DANA sudah mencapai 60 juta pengguna. Angka tersebut tumbuh pesat dari sebelumnya hanya 50 juta pengguna pada Desember 2020.

Sebelumnya, DAMRI juga telah menuntaskan kerja sama pembayaran dengan ShopeePay. Gencarnya upaya DAMRI menggandeng perusahaan penyedia dompet digital merupakan langkah mengurangi kontak fisik dalam pembelian tiket.

Selain itu, Setia juga mengungkap minat pembelian tiket daring meroket hingga 80% karena pandemi COVID-19.

Ekosistem cashless juga dikembangkan DAMRI sendiri dengan rencana peluncuran DAMRI Apps. Aplikasi pembelian tiket ini dikatakan Setia akan segera hadir untuk pengguna App store. Sementara pengguna iOs dapat mengakses pembelian tiket melalui laman tiket.damri.co.id.