<p>Garibaldi &#8216;Boy&#8217; Thohir, pemegang saham PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) / Sep.co.id</p>
Korporasi

Bayar Utang Anak Usaha, ESSA Milik Konglomerat Boy Thohir Kantongi Kredit Rp7,13 Triliun

  • PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) mendapat fasilitas pinjaman sebesar US$495 juta atau setara Rp7,13 triliun. Produsen amonia ini akan menggunakannya untuk refinancing utang anak usaha.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten produsen amonia milik konglomerat Garibaldi ‘Boy’ Thohir dan TP Rachmat, PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) mendapat fasilitas pinjaman jangka panjang dengan sindikasi perbankan sebesar US$495 juta atau setara Rp7,13 triliun.

Fasilitas pinjaman ini akan digunakan untuk pembiayaan kembali (refinancing) atas fasilitas international finance corporation serta pinjaman subordinasi anak usaha perseroan PT Panca Amara Utama (PAU).

Penandatanganan perjanjian tersebut dilaksanakan oleh PT Panca Amara Utama pada 25 Maret 2021 dengan jaminan semua aset yang dimiliki PAU pari-passu dengan pemberi pinjaman modal kerja dan jaminan lainnya. Adapun pinjaman sindikasi perbankan itu terdiri atas bank lokal dan internasional.

Presiden Direktur ESSA Vinod Laroya mengatakan fasilitas ini akan memungkinkan PAU untuk memiliki struktur keuangan yang lebih ramping dan solid sekaligus membebaskan utang pada level induk perusahaan.

“Kami yakin fasilitas pinjaman baru ini akan memperkuat posisi keuangan perusahaan, terutama di masa-masa yang penuh ketidakpastiaan ini,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu 31 Maret 2021.

Direktur Teknik ESSA, Mukhes Agrawal menyebut pihaknya merupakan entitas usaha yang memiliki kontribusi pendapatan terbesar bagi ESSA. ESSA mengempit 60% kepemilikan saham PAU secara langsung maupun tidak langsung.

“Direksi perseroan menyatakan bahwa transaksi material ini merupakan transaksi afiliasi, dikecualikan berdasarkan Pasal 11 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 17 Tahun 2020,” tambahnya.

Dari sisi kepengurusan, beberapa anggota direksi dan komisaris di ESSA, juga menjabat sebagai direksi serta komisaris di PAU. Salah satunya ialah dirinya yang juga menjabat Direktur sekaligus Chief Operating Officer PAU.