Pengunjung melihat produk disalah salah stan peserta pada Festival UMKM #banggalokal saat berlangsungnya Pagelaran Sabang  Merauke di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu, 12 November 2022. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia
BUMN

Bazar UMKM Edisi September Catatkan Transaksi Rp2,3 Miliar

  • Kategori Kecantikan dan Kebugaran mencatatkan nilai transaksi tertinggi, melampaui angka Rp624 juta.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Bazar UMKM untuk Indonesia edisi September mencatatkan prestasi luar biasa dengan mencapai rekor transaksi terbesar, yakni melebihi angka Rp2,3 miliar dengan jumlah transaksi sebanyak 1.387. 

Acara bulanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut kali ini berkolaborasi dengan PT PLN (Persero) dan Perum Peruri bertempat di pusat perbelanjaan Sarina, Jakarta dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Melansir dari Kabar BUMN Senin 25 September 2023, bazar edisi September ini juga mencatatkan hasil yang sangat positif bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ikut berpartisipasi. Kategori Makanan dan Minuman menjadi yang paling diminati dengan total 783 transaksi, sementara Kategori Kecantikan dan Kebugaran mencatatkan nilai transaksi tertinggi, melampaui angka Rp624 juta.

Bazar edisi September ini juga berhasil mencatatkan rekor jumlah peserta UMKM terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan Bazar bulanan ini.

Total terdapat 270 UMKM yang ambil bagian, yang terdiri dari sebanyak 48 UMKM aktif di sektor fesyen, 15 UMKM di sektor kecantikan dan kebugaran, 41 UMKM di sektor kriya, 91 UMKM di sektor kuliner, dan 75 UMKM di sektor barang dan jasa. 

Dari jumlah UMKM tersebut, 161 di antaranya berpartisipasi secara langsung di pusat perbelanjaan Sarinah, sementara 109 UMKM lainnya berpartisipasi melalui platform PaDi UMKM, yang merupakan e-commerce yang didukung oleh Telkom untuk menghubungkan UMKM agar bisa menjual produknya kepada BUMN.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyebutkan dari total 270 UMKM yang berpartisipasi, 140 diantaranya adalah UMKM binaan PLN. 

“Kami lakukan pendampingan kepada mereka agar produk mereka semakin bagus dan diminati oleh pasar. Salah satu hasilnya bisa kita lihat dalam gelaran ini,” ujar Darmawan.

Darmawan menyebutkan penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia ini disebut mampu mendorong belanja produk UMKM lokal sehingga nantinya memacu geliat industri kreatif di Indonesia.