<p>Nampak pengunjung mengamati barang-barang hasil UMKM yang dijual dalam Pameran Gallery Banten,Sabtu 3 Maret 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Industri

BCA Cetak UMKM Eksportir dalam Virtual Business Matching ke 30 Negara

  • PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar virtual Business Matching bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membuka pasar ekspor.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar virtual Business Matching bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membuka pasar ekspor.  

Sesi virtual Business Matching merupakan kerja sama BCA dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center (ITPC), dan Bank Koresponden untuk menghadirkan lebih dari 100 calon buyer dari 30 negara di lima benua.

“BCA membuka jalan luas bagi pelaku UMKM untuk bangkit di tengah pandemi, tidak hanya di negeri sendiri melainkan juga mampu bersaing secara global,” kata ujar Freddy Iman, EVP Commercial & SME Business BCA dalam keterangan resmi, Jumat 30 April 2021.

Hingga Rabu (28/04) tercatat 35 pelaku UMKM yang telah mengikuti 49 sesi business matching dengan 86 buyer asing.

Dari sesi tersebut, 19 sesi di antaranya telah match dan melaju ke proses pengiriman sample produk ke negara calon buyer. Seperti ke Amerika Serikat, Belanda, Brazil, Perancis, Finlandia, dan Malaysia.

BCA akan membantu mempersiapkan UMKM hingga berhasil melakukan ekspor.

Namun, bila pelaku UMKM belum berhasil menemukan buyer dalam sesi business matching, BCA akan tetap melakukan pendampingan, salah satunya melalui program Bangga Lokal.

Business Matching dalam rangkaian kegiatan UMKM Fest ini merupakan salah satu inovasi dan dukungan BCA dalam mendorong kebanggaan atas produk Indonesia, memajukan UMKM di negeri ini, serta membuka peluang ekspor bagi UMKM.

Hal ini menegaskan komitmen BCA untuk mendukung program pemerintah untuk menciptakan 500.000 eksportir baru,” kata Freddy

Menurut data Kementerian Keuangan, kinerja ekspor Indonesia pada Maret 2021 mencapai US$18,35 miliar atau naik 30,47% year on year (yoy). Kenaikan ekspor menunjukkan pulih dan bangkitnya kembali perekonomian Indonesia dan dunia.

Pemerintah berupaya mencetak setengah juta eksportir dalam sembilan tahun dengan mencanangkan program Kolaborasi Akselerasi Pencetakan 500.000 Eksportir Baru pada 2030. (RCS)