<p>Karyawan melayani nasabah konsultasi kredit di gerai BCA Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Finansial

BCA Kucurkan Kredit Rp250 Miliar ke Emiten Bus Listrik Milik Bakrie (VKTR)

  • Fasilitas kredit dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terdiri atas dua jenis.
Finansial
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengucurkan fasilitas kredit senilai Rp250 miliar ke PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) untuk peningkatan modal perseroan.

Executive VP Group Corporate Banking BCA Raymond Tanuwibowo mengungkapkan dukungan ini adalah wujud nyata dari komitmen BCA dalam berkontribusi terhadap pencapaian Net Zero Emission Indonesia tahun 2060.

Fasilitas kredit ini terdiri dari dua jenis, yaitu fasilitas kredit lokal dengan batas maksimal Rp15 miliar, dan fasilitas Kredit Multi Facility (KMF) dengan batas maksimal Rp235 miliar. 

“Kedua fasilitas kredit ini memiliki jangka waktu satu tahun,” ujar Raymond di Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Direktur Utama & CEO VKTR Gilarsi W. Setijono mengungkapkan perusahaan produsen bus dan truk listrik ini memulai perakitan kendaraan listrik komersial di Magelang, Jawa Tengah, namun kapasitasnya masih terbatas. Dengan dukungan tambahan modal kerja dari BCA, VKTR berencana untuk memperluas kapasitas perakitan dan penjualannya.

Gilarsi menjelaskan bahwa semakin banyak institusi bisnis yang tertarik untuk beralih ke penggunaan kendaraan listrik (EV) untuk berbagai keperluan komersial dan transportasi pegawai. Dana yang diperoleh dari BCA akan membantu VKTR meningkatkan modal kerjanya, memungkinkan perseroan untuk memenuhi permintaan tersebut.

"Kerja sama ini adalah permulaan yang luar biasa antara dua entitas yang memiliki visi serupa, yakni mewujudkan upaya elektrifikasi transportasi di Indonesia," kata Gilarsi.

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia. Dalam kolaborasi dengan BYD Auto, perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia, VKTR tengah mengembangkan fasilitas perakitan melalui kemitraan dengan Tri Sakti untuk memproduksi bus listrik dan truk listrik di Indonesia.