Kantor Cabang BCA Syariah Banyuwangi
Perbankan

BCA Syariah Edukasi Masyarakat Kediri Soal Literasi dan Inklusi Keuangan

  • BCA Syariah baru saja mengadakan kegiatan edukasi dengan tujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Bank BCA Syariah atau biasa dikenal BCA Syariah baru saja mengadakan kegiatan edukasi dengan tujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. 

Kegiatan tersebut mengusung tajuk BCA Syariah Gas-Poolll (Gathering Asik) Festival Muslim Kediri ini diselenggarakan di GOR Jayabaya Kota Kediri, Jawa Timur, pada Minggu, 05 November 2023. 

Corporate Secretary BCA Syariah Nadia Amalia mengatakan kegiatan BCA Syariah tersebut diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari pelajar dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Kediri.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah khususnya kepada pelajar melalui kegiatan lomba edukatif," ujar Nadia dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 07 November 2023. 

Nadia menyampaikan acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menabung sebagai kebiasaan baik yang dapat membantu mewujudkan masa depan yang sejahtera. Sasaran dari kegiatan edukasi ini meliputi pelajar, generasi muda, para profesional, dan pelaku UMKM perempuan.

Lebih lanjut, Nadia menyatakan bahwa edukasi ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk mendorong budaya menabung sejak dini, memperkenalkan dasar-dasar pengelolaan keuangan, dan juga mengenalkan berbagai solusi produk tabungan kepada generasi muda dan pelajar.

"Sehingga dapat dimanfaatkan oleh generasi muda untuk melatih disiplin menabung, mulai belajar berinvestasi maupun mempersiapkan ibadah haji atau umrah," katanya.

"Kegiatan ini menjadi salah satu cara kami untuk memperkenalkan program bank agar semakin dikenal, makin mudah diterima. Pada saat di lapangan mendekati nasabah, mereka menjadi lebih mudah menerima produk," lanjut dia.

Nadia merincikan pertumbuhan perbankan syariah secara keseluruhan telah berjalan cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh data hingga bulan September 2023, pertumbuhan jumlah rekening tabungan anak (dengan usia di bawah 17 tahun) mencapai 181,7%, dengan total 28.085 rekening dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada bulan September 2023, total aset mencapai Rp13,3 triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 17,9% secara tahunan jika dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Di samping itu, penyaluran pembiayaan BCA Syariah juga mencapai Rp7,8 triliun. Angka tersebut bertumbuh pertumbuhan sebesar 6,1% secara tahunan. Sementara itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp10 triliun, menunjukkan peningkatan sebesar 21 persen yoy.

Nadia menjelaskan, saat ini BCA Syariah telah memiliki 75 cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bandar Lampung, Medan, Palembang, Banda Aceh, Panakukkang, Malang, Kediri, Pasuruan, dan Banyuwangi.

"Saat ini aset nasional di atas Rp10 triliun. Pertumbuhan dari tahun ke tahun bagus, dua digit baik daik dana dan pembiayaan tubuh dua digit," tutupnya.