Beberapa negara di Timur Tengah menorehkan rekor suhu tertinggi pekan ini.
Dunia

Beberapa Wilayah di Timur Tengah Catat Rekor Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah

  • Suhu di beberapa negara Timur Tengah seperti meroket pada awal pekan ini sekaligus menjadi rekor terpanas sejak pencatatan dimulai.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

TEHRAN - Suhu di beberapa negara Timur Tengah sempat meroket pada awal pekan ini sekaligus menjadi rekor terpanas sejak pencatatan dimulai. 

Beberapa wilayah di Irak, Iran, dan Kuwait pada Senin, 20 Juni lalu sempat mencatatkan suhu mencapai 50°C, seperti dikutip dari laporan AccuWeather

Salah satu stasiun yang melapor di Abadan, Iran, mengatakan bahwa suhu sempat mencapai 52°C.

Sementara di Kuwait, suhu pada siang hari berada di antara 50-51°C. Bahkan salah satu stasiun yang melaporkan suhu terdingin di dekat Teluk Persia mencapai 44,1°C.

“Kondisi panas brutal tersebar di beberapa wilayah di Kuwait, Irak, dan Iran sebagai dampak dari tekanan tinggi yang melanda wilayah itu,” terang ahli meteorologi AccuWeather, Alyssa Smithmyer.

Karena lokasinya, udara panas yang dicampur dengan terik matahari dan tanah yang kering memungkinkan suhu yang melampaui batas normal.

Kejadian ini juga diperparah dengan curah hujan yang terhitung rendah sejak Maret di wilayah itu. Rendahnya curah hujan memengaruhi tingkat kelembaban permukaan tanah. Cahaya matahari radiasi dari matahari tidak memerlukan proses evaporasi kelembapan dan dapat langsung memanaskan udara permukaan tanah.

Cuaca kering dan panas di wilayah ini juga berpotensi memicu ancaman lain seperti badai debu dan pasir. 

Meski begitu, AccuWeather memprediksi bahwa cuaca panas ekstrem ini tidak akan bertahan terlalu lama di wilayah itu.