<p>5 Cara Mudah Mencegah Tubuh Terkena Diabetes/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Begini 3 Makanan Lezat dan Aman bagi Penderita Diabetes

  • Perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif telah memicu orang banyak orang yang mengalami berbagai macam penyakit.
Gaya Hidup
Adhitya Noviardi

Adhitya Noviardi

Author

JAKARTA - Perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif telah memicu orang banyak orang yang mengalami berbagai macam penyakit. Apalagi dengan kebiasaan orang Indonesia mengonsumsi nasi yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Pasalnya, nasi yang tinggi karbohidrat membuat banyak orang terkena diabetes. Angka Kemenkes mencatat Indonesia menempati urutan ke-6 dari sepuluh negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, yakni 10,3 juta pasien per tahun 2017 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 16,7 juta pasien per tahun 2045.

Nah, para penderita diabetes pun tidak boleh terlalu banyak mengonsumi gula. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa merasakan makanan enak dan lezat setiap harinya.

Makanan tersebut dipastikan aman agar gula darah tetap terkendali. Idealnya Anda harus memilih resep yang lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi protein, lemak sehat, dan serat.

Berikut resep yang bisa untuk Anda coba, seperti dilansir dari Instagram ahli gizi dan ahli diabetes, Mary Ellen Phipps, ahli diet terdaftar yang juga mengidap diabetes tipe 1, @milknhoneynutrition.

Pilihan untuk sarapan

makanan untuk dibaetes

Pilihan sarapan khas seperti sereal, muffin, dan bahkan granola bar sering tidak ramah diabetes, karena gula rafinasi dan kandungan pati mereka, yang dapat menyebabkan kadar gula darah tidak stabil.

“Telur adalah pilihan penuh protein untuk sarapan,” kata Nicole Villeneuve, seorang pelatih gaya hidup pencegahan diabetes yang bersertifikat di PlateJoy. seperti dikutip dari RCTI+ dan Okezone. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat yang dipasangkan dengan asupan lemak moderat dapat sangat efektif untuk meningkatkan kontrol glikemik. Bahkan dapat membantu penderita diabetes mengurangi pengobatan mereka.

“Dengan kurang dari 5 gram karbohidrat bersih (total karbohidrat dikurangi serat) dan beberapa lemak dari kombinasi keju yang lezat, ini adalah cara yang bagus untuk memulai perjalanan itu,” kata Villeneuve kepada Healthline.

Sebagai bonus, asparagus juga bisa menambahkan dorongan serat dan merupakan anti-inflamasi alami. Ini dapat membantu mengurangi kondisi kronis lainnya yang terkait dengan diabetes, seperti penyakit jantung dan radang sendi, menurut Villeneuve.

Kembang Kol Pengganti Nasi

kol pengganti nasi

Anda pasti sudah pernah melihat kembang kol sebagai pengganti nasi pada saat ini. Ini adalah makanan yang merupakan pilihan kaya serat, rendah karbohidrat yang bagus dan menyediakan tekstur mirip nasi dalam berbagai hidangan.

“Sebagai pengganti beras merah, kembang kol sangat cocok untuk makanan jenis bowls,” katanya.

“Hidangan ini juga bagus untuk penderita diabetes tipe 2, berkat kandungan salmon omega-3 yang tinggi. Dan dengan banyak protein (dari salmon, sayuran, dan keju), makanan ini sangat bagus untuk mengontrol nafsu makan dan membuat Anda puas dan kenyang,” imbuh dia.

Salad dengan kacang

Salad dengan kacang

Kacang menambahkan varian dan rasa untuk salad, dan telah terbukti membantu mengurangi kadar gula darah dan insulin, yang membuatnya sebagai tambahan yang bagus untuk resep makanan diabetes.

“Dengan 6 gram karbohidrat per porsi, salad ini bagus untuk makanan atau makanan ringan,” kata Lori Zanini, seorang ahli diet terdaftar dan pendidik diabetes bersertifikat.

“Selain itu, baik pistachio dan mentimun tersedia sepanjang tahun, jadi ini adalah cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak serat dan protein nabati. Saya suka merekomendasikan pistachio karena mereka padat nutrisi, dan salah satu protein tertinggi di antara kacang, dan hampir 90% lemak dari pistasio adalah jenis yang lebih baik untuk Anda," tukasnya.