Ponsel
Tekno

Begini 5 Cara Mudah Mengenali Chat Spam di WhatsApp

  • Inilah cara mengenali ciri-ciri chat spam WhatsApp yang harus Anda waspadai.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp adalah salah satu media sosial yang populer. Namun, kepopuleran WhatsApp ini juga diiringi oleh masalah umum seperti spam WhatsApp. Scam, upaya phishing, dan sebagainya kerap dilancarkan penipu melalui WhatsApp untuk menyerang korban yang sedang lengah. 

Untuk mencegah adanya tindak penipuan akibat chat spam di WhatsApp, ada baiknya jika Anda mengenali ciri-ciri chat spam.

Cara Mengenali Ciri-ciri Chat Spam di WhatsApp

1. Pesan yang sering di-forward atau diteruskan

Untuk mencegah penipuan dan informasi yang salah, saat ini WhatsApp memberikan fitur baru di mana sebuah pesan memiliki keterangan tertentu juga sering diteruskan atau di-forward. Jika sebuah pesan telah di-forward atau diteruskan lebih dari lima kali, itu hampir mirip dengan chat spam sehingga Anda harus berhati-hati.

2. Dichat oleh nomor tidak dikenal

WhatsApp memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke siapapun pengguna WhatsApp. Itu artinya, pengirim spam juga memiliki kemungkinan untuk mengirim pesan kepada Anda. Oleh karena itu ada baiknya jika mulai sekarang Anda berhati-hati saat dihubungi oleh nomor tidak dikenal.

3. Penipuan dan tautan mencurigakan

Sebagian besar chat spam di WhatsApp memiliki satu tujuan yaitu membuat Anda membuka link atau tautan yang ada di dalam pesan. Hal ini tentu berisiko karena bisa jadi detail pribadi, perbankan, atau informasi pribadi lainnya milik Anda dapat dicuri oleh penipu. Oleh karena itu, hindari untuk tergoda mengklik link yang diberikan oleh penipu.

4. Permintaan login atau verifikasi

Jika Anda mendapatkan pesan permintaan login atau verifikasi suatu akun apalagi jika Anda belum mencoba log in ke situs atau aplikasi apapun, ada baiknya jika Anda harus waspada. Pesan ini bisa jadi chat spam dan Anda bisa langsung mengabaikannya atau memblokirnya.

5. Menggunakan kata-kata khusus

Chat spam yang digunakan untuk menipu biasanya memiliki ciri-ciri khusus, seperti ada typo atau kesalahan tata bahasa, meminta Anda klik link atau tautan, meminta Anda membagikan informasi pribadi, meminta Anda untuk forward pesan atau mengklaim bahwa Anda harus membayar untuk menggunakan WhatsApp.

Jika Anda menerima pesan yang memiliki ciri-ciri di atas, ada baiknya jika Anda harus segera menghapusnya.

Itu tadi cara mengenali ciri-ciri chat spam WhatsApp yang harus Anda waspadai.