<p>Ilustrasi rupiah. Dok: Freepik.</p>
Gaya Hidup

Begini Cara Bertahan Hidup hingga Tanggal Gajian

  • Terkadang karena kurang bijak mengatur uang Anda mungkin harus ekstra berhemat agar bisa tetap bertahan dengan sisa pendapatan sampai tanggal gajian tiba. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tips cara tetap bertahan hidup sampai gajian berikut ini.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tanggal gajian tentu merupakan tanggal yang sangat dinanti oleh banyak orang, khususnya bagi yang berprofesi sebagai karyawan atau pekerja yang dibayar setiap tanggal tertentu setiap bulan. Namun, terkadang karena kurang bijak mengatur uang Anda mungkin harus ekstra berhemat agar bisa tetap bertahan dengan sisa pendapatan sampai tanggal gajian tiba.

Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tips cara tetap bertahan hidup sampai gajian berikut ini.

Cari Tahu Berapa Uang yang Anda Miliki

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui berapa sisa uang yang sebenarnya Anda miliki. Periksa tagihan penting Anda untuk melihat apakah tanggal pembayarannya sudah dekat atau bisa dilunasi setelah gajian. Dengan mengetahui seberapa banyak uang yang Anda miliki, Anda dapat lebih bijak untuk membelanjakannya.

Gunakan Uang Tunai, Hindari Kartu Debit

Setelah Anda tahu berapa banyak uang yang tersisa di bank, tarik sejumlah uang yang dapat mencukupi kebutuhan Anda selama seminggu. Hindari menggunakan kartu debit karena dapat menyulitkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang Anda lakukan.

Tinggalkan Kemewahan

Jika Anda perlu menghibur diri sendiri, carilah pilihan yang gratis, seperti menonton film yang bagus yang ada di televisi atau layanan streaming yang terjangkau. 

Cari Tahu Pengeluaran yang Bisa Dipangkas

Ketika Anda memiliki uang tunai, mungkin mudah untuk menutup mata terhadap kebiasaan boros. Akan tetapi, dengan memiliki uang yang terbatas, Anda bisa mengetahui pengeluaran apa yang bisa Anda pangkas, misalnya beberapa langganan hiburan yang tidak perlu, laundry, dan sebagainya.

Jual Barang yang Tidak Anda Butuhkan

Jika Anda memiliki banyak barang yang tidak lagi Anda inginkan atau Anda butuhkan, mengapa membiarkan barang tersebut memenuhi rumah Anda? Anda bisa menjual barang tersebut di berbagai e-commerce sehingga Anda bisa memanfaatkan uang hasil penjualan untuk bertahan hidup.