6 internet.jpg
Gaya Hidup

Begini Cara Blokir Situs agar Anak Tidak Akses Situs Bahaya

  • Banyak situs yang memberikan konten-konten negatif yang tidak baik jika diakses anak-anak
Gaya Hidup
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Dunia internet membawa bahaya yang mengancam anak ketika orang tua lalai mengawasi. Internet yang semestinya membawa manfaat dan kemudahan nyatanya juga memiliki sisi negatif yang harus diwaspadai.

Banyak situs yang memberikan konten-konten negatif yang tidak baik jika diakses anak-anak. Konten eksplisit, lelucon dewasa, dan kekerasan banyak ditemui walau sudah adanya kebijakan internet positif dari pemerintah. 

Karena itu, sebagai orang tua kita harus secara aktif mencari tahu situs-situs yang menyediakan konten tidak senonoh dan mencari tahu bagaimana cara memblokirnya agar anak tidak dapat mengaksesnya secara sengaja maupun tidak sengaja. 

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara memblokir situs lewat Google Chrome dengan mudah. Berikut caranya

Gunakan ekstensi dari Chrome

Cara yang satu ini merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan. Ekstensi ini juga bisa dipakai untuk semua sistem operasi baik itu Windows, Linux, atau macOS.

Kamu hanya perlu mengunjungi  Chrome Web Store dan download ekstensi bernama BlockSite. Ekstensi ini telah dipercaya oleh lebih dari 1 juta pengguna. Selain menjaga keamanan anak, kamu bisa menggunakan ekstensi ini untuk memblokir situs yang menurutmu dapat mengganggu produktivitas. Tenang saja, kamu bisa membuka blokir kapan saja dengan ekstensi ini.

Berikut adalah cara memasang ekstensi ini.

  1. Buka Chrome Web Store, lalu ketik BlockSite di kolom pencarian.
  2. Klik BlockSite: Block Websites & Stay Focused
  3. Klik tambahkan ke Chrome. Tunggu selesai men-download

Setelah selesai menambahkan BlockSite ke ekstensi, berikut adalah cara memblokir situs dengan BlockSite.

  1. Kunjungi situs yang ingin diblokir.
  2. Setelah terbuka, klik ikon BlockSite di pojok kanan atas browser atau di bawah ikon kepingan puzzle.
  3. Akan muncul pop-up lalu klik Block this site. Situs telah sukses terblokir.
  4. Untuk mencegah akses ke melalui mode incognito Chrome, cukup klik ikon gear untuk membuka Setelan (Settings) pada ekstensi, lalu klik Aktifkan dalam Mode Incognito (Enable in Incognito Mode).

BlockSite juga memiliki fitur yang menarik untuk penggunanya, yaitu

  1. Mode fokus (Focus mode) yaitu fitur untuk memblokir situs sementara menggunakan timer.
  2. Blokir berdasarkan kata (Block by words) yaitu fitur untuk memblokir situs yang memiliki nama domain atau URL berisi kata atau frasa tertentu.
  3. Kategori (Categories) yaitu fitur untuk memblokir sejumlah situs dengan kategori yang sama, misalnya situs dewasa, sosial, berita, olahraga, dan judi online.

Dengan versi gratis, BlockSite dapat memblokir tiga situs berbeda. Jika ingin lebih, kamu hanya perlu membayar Rp65.000/bulan. Investasi yang murah untuk menjaga anak anda dari bahaya internet.