Kepala sapi kurban
Destinasi & Kuliner

Begini Cara Membersihkan dan Mengolah Kepala Sapi Kurban Agar Lezat

  • Momen perayaan hari raya Iduladha atau hari raya kurban yang dinantikan oleh umat muslim telah tiba.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Momen perayaan hari raya Iduladha atau hari raya kurban yang dinantikan oleh umat muslim telah tiba. Pada perayaan ini umat muslim akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai salah satu prosesi rangkaian ibadah.

Penyembelihan hewan kurban ini berlangsung mulai tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah. Setelah disembelih, daging dari hewan kurban tersebut lantas akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan agar dapat saling berbagi dan menikmati.

Ketika memotong dan membagikan daging kurban seringkali terdapat bagian-bagian yang dirasa sulit untuk diolah. Salah satu bagian tersebut adalah kepala sapi. Beberapa orang mungkin enggan untuk mengolah atau memanfaatkan bagian ini karena merasa sulit dan ribet. Sebenarnya, bagian kepala sapi ini dapat dimanfaatkan menjadi olahan lezat jika mengetahui cara dan triknya.

Pada kepala sapi ini terdapat bagian-bagian yang enak seperti lidah, otak, dan pipi sapi. Bagian tersebut sangat lezat tentunya untuk dijadikan olahan masakan. Namun demikian, diperlukan usaha untuk dapat mengambilnya. Untuk itu, terdapat beberapa tips dan cara membersihkan serta mengolah kepala sapi agar dapat dimasak menjadi lezat.

Cara Membersihkan Kepala Sapi

Sebelum diolah menjadi masakan, kepala sapi perlu dibersihkan dari bulu-bulu yang menempel di seluruh permukaan. Cara membersihkan ini dapat dilakukan dengan menggunakan api. Bila menggunakan api, kepala sapi dapat diletakkan di atas bara arang yang membara sembari dibolak balik agar bulu yang menempel menjadi rontok. Sebagian masyarakat menyebut hal ini dengan istilah ngropok ndas sapi. Selain dengan bara arang, dapat juga menggunaakan gas torch agar lebih cepat.

Bila kepala sapi telah dibakar pada barang arang ataupun gas torch, langkah selanjutnya adalah mengerok sisa bulu yang telah hangus dengan menggunakan sikat maupun alat lain. Proses selanjutnya yaitu mencuci menggunakan air panas dimana kepala sapi direndam sembari disikat agar lebih bersih serta untuk menghilangkan sisa-sisa bulu yang masih menempel. Baru setelah itu kepala sapi dibelah dan dipotong-potong menjadi bagian lebih kecil agar mudah diolah.

Rekomendasi Olahan Kepala Sapi

Terdapat banyak sekali olahan makanan yang dapat dibuat dengan memanfaatkan kepala sapi. Adapun rekomendasi olahan kepala sapi adalah sebagai berikut.

1. Gongso kepala sapi

Olahan gongso ini memanfaatkan bagian daging tetelan dan kikil pada kepala sapi. Masakan ini cukup mudah dibuat dengan bahan yang sederhana. Masakan ini memiliki cita rasa manis dan pedas yang berpadu seimbang sehingga cocok jika dipakai untuk mengolah kepala sapi menjadi kudapan lezat.

2. Gulai otak

Sebagaimana namanya, olahan gulai otak tentunya memakai otak sapi sebagai bahan utama. Otak sapi sangat lezat bila diolah menjadi makanan satu ini. Lembutnya otak berpadu dengan bumbu yang kental semakin menambah nikmat olahan ini.

3. Lidah goreng

Lidah merupakan bagian enak yang dapat diambil dan dimasak dari kepala sapi. Bagian ini cukup digoreng sudah dapat menjadi masakan yang enak. Rasa dari lidah cukup gurih dan lezat.