<p>Deretan mobil bekas berbagai merek dipajang di showroom penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta, Rabu, 23 September 2020. Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan Kebijakan pajak nol persen tidak akan berimbas ke pasar mobil bekas. Menurutnya, pasar mobil bekas tidak terganggu daya beli masyarakat saat ini masih rendah, sementara kebutuhan kendaraan pribadi dirasa penting untuk menghindari penyebaran Covid-19, maka mobil bekas yang dinilai memiliki harga mobil murah tetap menjadi pilihan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Begini Cara Pandang Generasi Online Saat Beli Mobil

  • JAKARTA – Generasi online memiliki cara pandang berbeda soal kepemilikan mobil dan cara membelinya. Menurut survei Google dan TNS, 67% dari generasi online mencari informasi lengkap tentang kendaraan secara online sebelum memutuskan membeli. Sehingga, saat sampai ke dealer, mereka seringkali sudah mengetahui kendaraan yang ingin mereka beli. Aditya Lesmana, Co-founder portal jual beli mobil bekas […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Generasi online memiliki cara pandang berbeda soal kepemilikan mobil dan cara membelinya.

Menurut survei Google dan TNS, 67% dari generasi online mencari informasi lengkap tentang kendaraan secara online sebelum memutuskan membeli.

Sehingga, saat sampai ke dealer, mereka seringkali sudah mengetahui kendaraan yang ingin mereka beli.

Aditya Lesmana, Co-founder portal jual beli mobil bekas di Asia Tenggara CARRO, mengatakan sangat penting menyediakan informasi mobil yang lengkap bagi konsumen secara online.

Tidak seperti generasi sebelumnya di mana teman dan keluarga sangat mempengaruhi keputusan pembelian mereka, saat ini internet memainkan peran besar dalam proses pembelian mobil.

“Melalui CARRO, mobil dapat diperiksa tanpa sentuhan. Sebab, kami menyediakan semua informasi yang dibutuhkan konsumen secara online. Mulai dari informasi harga dan opsi pembayaran hingga fitur dan riwayat lengkap mobil,” ucap Aditya dalam siaran pers, Selasa, 27 Oktober 2020.

Menurut riset Alvara Strategic Research, pada 2020 populasi generasi milenial kelas menengah urban mencapai 35 juta jiwa atau 13% dari populasi. Generasi ini akan memegang peran penting di berbagai aspek selama 10 hingga 20 tahun mendatang.

Sementara, menurut Jakpat, generasi ini diberi label Buy Now, Pay Later Generation. Hal ini disebabkan kebiasaan mereka mengutamakan pembayaran melalui cicilan dengan suku bunga terendah ketika hendak membeli sesuatu, termasuk membeli mobil.

Dari kondisi itu, CARRO telah bekerjasama melalui kemitraan eksklusif dengan mitra multifinancing untuk menawarkan opsi pembiayaan yang fleksibel. Konsumen dapat membayar secara online melalui lebih dari 50 opsi pembiayaan.

CARRO juga menawarkan opsi pembayaran uang muka melalui Tokopedia dan memberikan tambahan kredit yang dapat mereka gunakan.

Walaupun membeli secara kredit atau tunai, konsumen membayar dengan nilai yang sama, tidak ada biaya tersembunyi.

Generasi online juga dinilai tidak menyukai proses yang rumit dan menginginkan ketenangan ketika membeli mobil.

Mereka bahkan rela membayar lebih untuk mendapatkan mobil bekas siap pakai yang berkualitas tinggi daripada mobil bekas murah yang membutuhkan rekondisi ekstra.