Susi pudjiastuti dan susi air
Nasional

Begini Kehidupan Mantan Para Menteri Indonesia Saat Ini

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju, dengan melantik tiga menteri dan satu wakil menteri baru. Pelantikan itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju, dengan melantik tiga menteri dan satu wakil menteri baru. Pelantikan itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly dari PDIP terdepak dari jabatannya, digantikan oleh Supratman Andi Agtas, seorang politikus Partai Gerindra yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi DPR.

Reshuffle kabinet ini juga menggantikan Arifin Tasrif dari posisinya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan Bahlil Lahadalia. Roslan Perkasa Roeslani diangkat untuk menggantikan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Lalu, Angga Raka Prabowo dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Adapun pada reshuffle kabinet juga dilantik beberapa nama baru, yaitu Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM.

Terkait hal itu, bagaimana kehidupan para menteri Indonesia saat ini?

Kehidupan Mantan Menteri Indonesia Saat Ini

Berikut beberapa kehidupan para mantan Menteri saat ini:

Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 ini dikenal sebagai sosok yang meninggalkan kesan mendalam di masyarakat. Salah satu kebijakan utamanya, yakni penenggelaman kapal yang menjadi andalan wanita kelahiran Pangandaran ini telah memberikan dampak positif terhadap kondisi laut Indonesia dan mendukung kesejahteraan para nelayan.

Usai menjabat sebagai menteri, Susi Pudjiastuti fokus mengelola perusahaannya, Susi Air, sebuah maskapai penerbangan yang telah dimilikinya sebelum masa jabatannya sebagai menteri. Dia kembali aktif mengunjungi berbagai pangkalan Susi Air di berbagai provinsi dan mengeksplorasi keindahan laut di pulau-pulau yang dikunjunginya.

Selain itu, Susi juga aktif membagikan kapal kepada nelayan di beberapa desa, menunjukkan kecintaannya yang mendalam terhadap dunia laut.

Ignasius Jonan

Mantan Menteri Perhubungan dan juga mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang dijadwalkan melawat pada 3-6 September 2024. Baru-baru ini Jonan menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM.

Sebelumnya, setelah Presiden Jokowi memasuki periode kedua, Jonan tidak lagi menjabat sebagai menteri maupun direktur di BUMN. Pada tahun 2020, ia diangkat sebagai Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia.

Tidak lama setelah itu, pada November 2020, ia juga ditunjuk untuk posisi serupa di Sido Muncul. Namun, pada Januari 2021, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan produsen jamu tersebut. Saat itu, ketika usianya memasuki lima puluhan, Jonan mengungkapkan ia memiliki kebun hidroponik dan banyak waktu luang.

Arcandra Tahar

Delapan tahun lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencopot jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Pencopotan tersebut menjadi sejarah baru karena Arcandra hanya menjabat sebagai menteri selama 20 hari.

Jokowi memiliki harapan besar pada Arcandra. Namun, masalah timbul adanya rumor mengenai kewarganegaraan ganda Arcandra, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

Arcandra Tahar secara resmi dilantik sebagai Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 21 Januari 2020.

RUPS-LB ini dilakukan mengikuti arahan dari Kementerian BUMN serta pengumuman kepada Bursa Efek Indonesia, para pemegang saham, dan media masa. Dalam rapat tersebut, Arcandra Tahar ditetapkan sebagai Komisaris Utama PGN, menggantikan IGN Wiratmaja Puja.

Arief Yahya

Usai menjabat sebagai Menteri Pariwisata Republik Indonesia pada periode 2014-2019, Arief Yahya diangkat sebagai Direktur Utama perusahaan pada Rabu, 19 Agustus 2020 dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

Eko Putro Sandjojo

Sebelumnya, Eko Putro Sandjojo merupakan mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada periode 2016-2019.

Dia menjabat sebagai Komisaris Independen PT Gunanusa Eramandiri Tbk sejak tahun 2024. Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Indika Energy Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media, peralatan, properti, pertambangan, dan infrastruktur, sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Gita Wirjawan

Pada Februari 2014, Gita Wirjawan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan untuk mengikuti Konvensi Partai Demokrat sebagai calon presiden. Pada Juli 2014, ia memutuskan untuk kembali bergabung dengan Ancora Group. Saat ini, Gita Wirjawan juga menjadi anggota dewan penasihat internasional untuk ACE Group.

Selain berbisnis dan bermusik, Gita juga memiliki minat dan kesadaran yang mendalam terhadap pentingnya pendidikan sebagai pilar utama dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju. Ia mendirikan Ancora Foundation dengan tujuan mendukung pendidikan usia dini dan pendidikan lanjutan bagi warga Indonesia yang memiliki bakat akademis.

Dia juga mendirikan Ancora Golf Institute dan Ancora Sports dengan tujuan mencetak pegolf-pegolf Indonesia pada masa depan.

Arifin Tasrif

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif resmi mengakhiri masa jabatannya, Senin, 19 Agustus 2024. Setelah tidak lagi menjabat sebagai menteri, ia berencana melanjutkan hidup sebagai petani. Posisi Arifin digantikan oleh Bahlil Lahadalia, yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

“Istirahat dulu sebentar, abis itu ya bikin aktivitas kecil-kecilan aja, pengin jadi petani di Jawa Barat,” ujar Arifin usai menyerahkan jabatan kepada Bahlil di Kementerian ESDM.

Asman Abnur

Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi periode 2016-2018, Asman Abnur, dikabarkan ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk pasangan capres Prabowo Subianto-Gibran Rakabumi di Kepulauan Riau. Asman, yang merupakan kader PAN, saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari dapil Kepulauan Riau.

Hatta Rajasa

Hatta Rajasa memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II pada Mei 2014.

Setelah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor Presiden Jakarta pada hari yang sama, Hatta menjelaskan bahwa pengunduran dirinya ini berkaitan dengan niatnya untuk maju sebagai calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto.

Zulkifli Hasan (Zulhas), yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode kedua, menunjuk senior PAN Hatta Rajasa sebagai Ketua Majelis Penasehat Partai (MPP) PAN untuk periode 2020-2025.

Di samping itu, Hatta Rajasa menjadi salah satu politikus senior yang bergabung dalam struktur pengurus dan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Mantan Menteri Koordinator Perekonomian ini diangkat sebagai anggota Dewan Pembina, bergabung dengan tokoh-tokoh terkenal lainnya seperti Wiranto, Aburizal Bakrie, dan Agum Gumelar.

Kehadiran Hatta Rajasa di TKN Prabowo-Gibran memperkuat tim sukses tersebut di Pilpres 2024, terutama karena Hatta, yang dikenal dengan rambut putihnya, telah memiliki hubungan dekat dengan Prabowo Subianto sejak satu dekade lalu.

Itulah beberapa kegiatan mantan Menteri Indonesia usai tak lagi menjabat sebagai menteri.