Industri

Begini Strategi Pura Deltamas Kembangkan Land Bank di Timur Jakarta

  • PT Pura Deltamas Tbk (DMAS) memaparkan strategi dalam menggunakan land bank yang saat ini dimiliki perseroan.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Pura Deltamas Tbk (DMAS) memaparkan strategi dalam menggunakan land bank yang saat ini dimiliki perseroan. Luas land bank yang dimiliki per September 2020 mencapai 1.276 hektare (Ha). 

Dengan rincian, kawasan industri sebesar 1.276 hektare (Ha), kawasan komersial 494 Ha, dan residensial sebanyak 377 Ha. 

Direktur Utama DMAS Hermawan Wijaya mengatakan, kalau berbicara soal bisnis properti tentunya tidak terlepas dari kepemilikan land bank. Jadi, kalau perusahaan properti miliki land bank terbatas mungkin perlu dipertanyakan going concern perseroannya.  

"Kota Deltamas sendiri masih memiliki lahan yang cukup luas dan masih bisa dikembangkan di sebesalah selatan Kota Deltamas. Alasannya, karena di kawasan tersebut sudah dibangun infrastruktur dari awal. Sehingga, alangkah bijaksananya area disekitarnya bisa dikembangkan," kata Hermawan Wijaya dalam webinar, Selasa, 8 Maret 2022. 

Dengan begitu, secara capex juga lebih murah dibandingkan kalau merambah ke daerah lain dari nol.

Selanjutnya, daerah Cikarang dan Karawang atau area industri masih menjadi area yang favorit karena didukung konektivitas seperti adanya pelabuhan dan lapangan udara. 

Ditambah lagi adanya Pelabuhan Patimban yang nantinya akan dioperasikan pada 2024. Hal tersebut menjadi salah satu katalis bagi pertumbuhan kawasan industri di Timur Jakarta.