<p>Gerai makanan dan minuman kopi kekinian Haus! / Haus.co.id</p>
Korporasi

Bekerja Sama dengan WIR Group, Start Up Haus! Rambah Metaverse

  • Masyarakat metaverse pun dapat dengan mudah berkunjung ke outlet Haus! dan mengenal mereka secara lebih personal tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Inspirasi Bisnis Nusantara (Haus!) bekerja sama dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group/WIRG) untuk merambah dunia metaverse.

WIR Group, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI), menggandeng Haus! dalam rangka melebarkan kerja sama untuk memperkaya ekosistem metaverse yang mereka kembangkan.

Sementara itu, Haus!, yang bergerak di bidang food and beverage (F&B), bergabung dengan ekosistem metaverse WIR Group untuk mewujudkan bisnis ritel yang lebih kompetitif dan inovatif dalam menyasar konsumen dari generasi z dan milenial di era digital.

CEO Haus! Gufron Syarif mengatakan, sesuai dengan prinsip perusahaannya yang selalu mengupayakan pembaruan dan relevansi dengan zaman, sudah saatnya Haus! merambah ke dunia metaverse.

"Kehadiran Haus! di dunia metaverse yang berkembang semakin pesat belakangan ini akan menjadi poin strategis untuk menjadikan Haus! sebagai salah satu pemain industri F&B yang terdepan dalam inovasi," kata Gufron dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 14 Juli 2022.

Sebagai informasi, sejak didirikan hingga saat ini, Haus! sudah memilliki 197 gerai yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa. Dalam perjalanan bisnisnya, Haus! melihat potensi yang cukup besar pada pangsa pasar milenial dan gen z yang sangat akrab dengan teknologi digital.

Pertumbuhan adopsi digital dalam aktivitas transaksi memang terjadi secara pesat sejak pandemi COVID-19 hadir. Pada tahun 2021 saja, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi digital banking mencapai Rp39,84 kuadriliun atau tumbuh 45,64% secara year-on-year (yoy).

Catatan itu pun semakin menunjukkan bahwa implementasi teknologi digital di berbagai sektor dapat melahirkan potensi ekonomi yang besar.

“Kami melihat potensi luar biasa dari pasar yang sangat familiar dengan media dan teknologi digital ini. Oleh karena itu, kami mencoba meraih peluang yang ada dengan memadukan kebiasaan mereka yang digital-minded dengan selera akan minuman dan makanan kekinian yang terjangkau," papar Gufron.

Disampaikan oleh Gufron, kehadiran Haus! di ekosistem metaverse diproyeksikan dapat membantu peningkatan brand awareness di masyarakat. 

Masyarakat metaverse pun dapat dengan mudah berkunjung ke outlet Haus! dan mengenal mereka secara lebih personal tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Haus! pun untuk ke depannya berencana untuk meningkatkan engagement mereka dengan seluruh masyarakat melalui acara-acara yang digelar di dalam metaverse.

CMO WIR Group Gupta Sitorus mengatakan, bergabungnya Haus! ke metaverse merupakan salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di satu sisi, kerja sama yang dijalin ini dapat memperkaya ekosistem metaverse di Indonesia. Di sisi lain, kerja sama ini pun dapat mendorong ekosistem perekonomian digital dan tumbuhnya ekonomi kreatif.

"Teknologi digital metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna internet, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya namun secara virtual. Dengan memanfaatkan platform metaverse, UMKM akan dapat melakukan interaksi virtual realistik dengan konsumen, bahkan dalam cakupan global, dalam bentuk dan format yang tidak terbayangkan sebelumnya," ujar Gupta.