Photo by Gustavo Fring: https://www.pexels.com/photo/family-doing-grocery-shopping-3985062/
Gaya Hidup

Belanja Hemat! Tips "Frugal Living" yang Bisa Memangkas Biaya Belanja Anda

  • Gaya hidup frugal living dapat Anda terapkan untuk kegiatan berbelanja
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kegiatan belanja menjadi kebutuhan utama semua orang. Mulai dari belanja bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, pakaian hingga barang-barang self reward lainnya.

Tak salah, belanja memang dijadikan sebagai kegiatan memanjakan diri dan refreshing bagi sebagian orang setelah lelah bekerja selama satu bulan penuh.

Tren belanja juga sudah bergeser menjadi online sekarang ini, belanja online dinilai lebih praktis karena lebih hemat waktu dan tenaga. Tak ayal kegiatan belanja menjelma menjadi belanja impulsif yang tidak sehat hingga menguras dompet.

Gaya hidup frugal living dapat Anda terapkan untuk kegiatan berbelanja, tentu saja tujuannya untuk menghindari jebakan belanja impulsif dan tetap fokus pada tujuan keuangan Anda.

Berikut adalah tips belanja frugal living yang dapat Anda terapkan.

1.   Buat daftar belanja

Langkah ini dapat menghindari kemungkinan pembelian impulsif. Selain itu pembelian mendadak juga bisa menjadi mahal dan seringkali Anda sesali di kemudian hari.

Daftar belanja juga memungkinkan Anda untuk menghemat waktu berbelanja, karena Anda sudah tahu apa yang ingin Anda beli.

2. Barang bekas

Anda mungkin akan dibuat terkejut dengan kualitas barang bekas yang Anda temukan di toko bekas. Selain berkualitas bagus, barang bekas ini juga dapat Anda dapatkan dengan harga yang relatif lebih murah dibanding barang baru.

Tren memakai barang bekas juga tidak hanya berlaku untuk perkakas rumah, nyatanya sekarang ini Anda dapat menemukan beragam toko thrifting yang menjual baju bekas beragam merk dengan harga terjangkau.

3. Uninstall aplikasi belanja

Aplikasi belanja memungkinkan Anda mudah berbelanja kapan saja dan dimana saja. Tak ayal, Anda akan susah keluar dari kebiasaan membuka-buka aplikasi belanja dan membeli barang saat itu juga di waktu luang. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda membengkak dan tidak seseuai rencana.

4. Tahu waktu terbaik untuk berbelanja

Ketahui bulan terbaik untuk membeli apa yang Anda butuhkan, cari diskon dan penawaran sebanyak-banyaknya. Toko-toko biasanya akan memberikan diskon yang besar untuk hari-hari spesial seperti hari kemerdekaan, hari raya, dan lain-lain.

5. Berburu barang obralan

Banyak toko yang sering menawarkan produk obral. Anda dapat menemukan beragam barang baru dengan harga yang sangat murah. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Nah berikut tadi adalah 5 tips frugal living yang dapat Anda terapkan untuk kegiatan belanja Anda. Semoga bermanfaat!