Penampakan LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas yang dijadwalkan akan beroperasi 18 Agustus 2023 setelah melalui tahap uji coba dengan penumpang pada 12 Juli - 15 Agustus 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Belum Genap Sepekan, Uji Coba LRT Dihentikan Kemenhub

  • Dihentikannya uji coba LRT Jabodebek tersebut kerena perlu adanya penyempurnaan dan perbaikan terhadap software pada kereta

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Uji Coba Light Rail Transport (LRT) Jabodebek mendadak dihentikan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai Senin 17 Juli 2023.  

Penghentian tersebut dilakukan belum genap satu pekan LRT melakukan uji coba terbatas dengan penumpang. Uji coba kereta dihentikan selama empat hari terhitung dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2023. 

Alasan dihentikannya uji coba LRT Jabodebek tersebut yaitu perlu adanya penyempurnaan dan perbaikan terhadap software pada kereta. Hal ini untuk menjaga keamanan pada kereta serta memastikan kereta pada kondisi sempurna hingga nanti diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus mendatang.

“Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Namun ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software” tutur Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, dikutip Senin 17 Juli 2023.

Dengan adanya penghentian tersebut, layanan uji coba LRT dengan penumpang baik yang kategori undangan ataupun umum dengan tentu juga turut dihentikan. Adapun rencana pengoperasiannya kembali dilakukan pada 21 hingga 23 Juli sebagai masa trial running.

Pada tahap ini LRT akan dilakukan uji coba pasca perbaikan dengan tanpa mengangkut penumpang terlebih dahulu. Selanjutnya pada tanggal 25 Juli, LRT akan melakukan uji coba mengangkut penumpang namun dengan kategori undangan. 

Pada tahap tersebut, penumpang yang diangkut merupaka tamu undangan dari komunitas ataupun pihak lainnya. Sedangkan untuk penumpang umum akan kembali dibuka pada 29 Juli mendatang.

Uji Coba 2 Tahap

Rencana awalnya, LRT Jabodebek ini akan dilakukan uji coba dengan melalui dua tahapan. Tahap pertama mulai 12 Juli hingga 26 Juli merupakan uji coba terbatas dan hanya bisa diikuti oleh undangan yang meliputi Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, uji coba kedua rencananya dilaksanakan 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023. Uji coba tahap kedua ini akan membawa penumpang umum. Masyarakat umum yang mencoba merasakan naik LRT ini dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Kehadiran layanan LRT Jabodebek ini sudah sangat dinanti-nantikan masyarakat di Jakarta maupun di kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sekitarnya. Keberadaanya diklaim mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke kota penyangga maupun sebaliknya ditengah padatnya lalu lintas jalan raya yang kian macet.